Gara Gara Dollar Menguat Signifikan, Harga Emas Antam Hari Ini Alami Penurunan Harga Lagi !

emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange  dan juga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan hari ini yakni Selasa 9 Agustus 2016 kembali mengalami penurunan, penurunan harga yang dialami oleh emas berjangka dan juga emas Antam di sebabkan oleh dollar AS yang semakin menguat yang akhirnya memberika tekanan terhadap logam mulia.

Kontrak emas yang paling aktif dlam pengiriman bulan Desember mengalami penurunan 3,1 dollar AS, atau 0,23 persen sehingga menjadi 1.341,3 dollar AS per troi ons.

Sedangkan, indeks dollar AS, mengalami kenaikan 0,12 persen dan sekaran menjadi 96,39, penguatan terhadap dollar AS ini terjadi pada pukul 18.00 GMT.

Sesudah rilis angka ketenaga kerjaan AS yan positif pada hari Jumat lalu, bank sentral AS telah embuka peluang untuk kenaikkan suku bunga pada akhirn tahun. Namun dengan mempertimbangkan angka pertumbuhan ekonomi kurtal II 2016, para investor sangat yakin bahwa kebijkan menaikkan suku bunga acuan tidak akan mungkin terjadi.

Risalah pertemuan Fed sebelumnya menyebabkan para pedagang emas berjangka percaya jika Fed nantinya akan menaikkan susku bunga 0,50 ke 0,75 selama pertemuan kebijkan Fed pada bulan Desember yang akan datang.

Para analisis mencatat pada saat saham mengalami penurunan harga, maka secara otomatis logam mulia akan mengalami lonjakan, sebab investor mencari tempat lain yang lebih aman.

Para investor juga telah menunggu rilis klaim pengangguran AS mingguan pada hari Kamis pekan ini, bersamaan dengan indeks harga produsen dan laporan penjualan ritel akan terjadi pada hari Jumat.

Perak untuk pengiriman September turun 1,2 sen, atau 0,06 persen, ditutup pada 19,805 dolar AS per troi ons. Platinum untuk pengiriman Oktober naik 3,9 dollar AS, atau 0,34 persen, dan ditutup pada US$ 1.155,40 per troi ons.

sumber: smeaker

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.