Hal Ini Bisa Mendorong Emas Menjadi $1.500 – Analis

Harga emas bisa di simpan untuk rally dari “mother of all short-covering”, kata seorang analis, mengutip posisi short CFTC dan kekuatan logam kuning dalam menghadapi dolar AS yang lebih tinggi.

Bahkan mungkin bisa mencapai $ 1.500, menurut kepala analis pasar ThinkMarkets, Naeem Aslam, yang melihat data CFTC terbaru sebagai tanda positif untuk harga emas.

“Data CFTC baru-baru ini menunjukkan bahwa hedge fund telah memutuskan bahwa sudah waktunya bagi mereka untuk mulai scaling kembali dari posisi short mereka. Ini mengirimkan sinyal bullish kuat untuk logam,” Aslam menulis dalam laporan yang diterbitkan pada hari Senin.

Yang membuat segala sesuatunya menjadi lebih menguntungkan bagi harga emas adalah “faktor kapitulasi” jika Federal Reserve berubah pikiran tentang bagaimana agresif yang diinginkan ketika berhadapan dengan pengetatan kebijakan moneter.

“Bagaimanapun, Donald Trump telah mengkritik Fed beberapa kali tentang menaikkan suku bunga berkali-kali tahun ini. Penting untuk ditekankan bahwa pada tahun 2015 ketika spekulan memiliki posisi long net, memicu 30% pergerakan harga emas. Langkah serupa akan membantu harga bergerak ke $ 1.500,” Aslam menambahkan.

Tanda lain bahwa segala sesuatunya mendukung emas adalah kekuatan logam dalam menghadapi dolar AS yang lebih tinggi.

“Selama beberapa minggu terakhir, kami telah melihat korelasi positif antara indeks dolar dan harga emas. Ini menunjukkan bahwa harga emas telah menjadi kebal terhadap kenaikan indeks dolar. Ini berarti jika kita melihat indeks dolar turun, kemungkinannya lebih tinggi untuk pergerakan harga emas,” jelas Aslam.

Selain itu, kelemahan terbaru dalam ekuitas global dan kekhawatiran di sekitar pertumbuhan ekonomi global telah membantu logam kuning.

“Kegelisahan seputar perang dagang mulai berdampak pada sentimen dan ini memicu peringatan laba oleh analis Wall Street. Selain ini, kami juga meminta IMF keluar dengan revisi downward dari pertumbuhan ekonomi global. Sentimen bearish sejak saat itu telah menguat dan semakin banyak analis hedge fund mulai percaya bahwa ada lebih banyak kesempatan bagi pasar untuk menghadapi koreksi serius daripada bull run,” Aslam menekankan.

Lingkungan geopolitik juga akhirnya membantu harga emas, dengan investor mencari aset beresiko dengan properti safe-haven seperti emas.

Dalam laporannya, Aslam menyoroti ketegangan geopolitik yang meningkat antara Arab Saudi dan Barat atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, negosiasi Brexit, dan ketidakpastian anggaran Italia di Uni Eropa.

“Ketegangan geopolitik telah mulai membuat investor sangat khawatir tentang portofolio mereka dan jika kami mempertimbangkan kekhawatiran pertumbuhan di China dalam persamaan yang sama, menjadi jelas mengapa para spekulator mulai mengurangi skala dari posisi short mereka,” kata analis. .

Pada hari Selasa, harga emas rally, mencapai level tertinggi selama tiga bulan dan diperdagangkan di atas level $ 1.240 per ounce, karena meningkatnya permintaan safe haven di tengah meningkatnya ketidakpastian geopolitik. Emas berjangka Comex Desember terakhir diperdagangkan pada $ 1,235.10, naik 0,86% pada hari itu.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.