HARGA EMAS 9 JUNI: Spot Melonjak 15,30 Poin Ke Level US$1263,20

JAKARTA-Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange menetap lebih tinggi pada Rabu (Kamis pagi WIB), dipicu berkurangnya ekspektasi kenaikan suku bunga acuan Fed pada Juni.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik 15,30 dolar AS, atau 1,23 persen, menjadi menetap di 1.262,30 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Sejak rilis risalah dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) April, para pedagang percaya bahwa Fed akan menjaga kenaikan suku bunga Juni di atas meja.

Tetapi sekarang perekonomian telah terbukti semakin menurun, investor sekarang percaya bahwa kenaikan suku bunga tidak mungkin terjadi sebelum September.

Menurut alat Fedwatch CMEGroup, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga dari 0,50 persen ke 0,75 persen adalah sebesar dua persen untuk pertemuan Juni, 25 persen pada pertemuan Juli 2016, dan 43 persen pada pertemuan September 2016.

Ketua Federal Reserve Janet Yellen juga gagal memberikan sinyal waktu kenaikan suku bunga berikutnya dalam pidato terbarunya pada Senin.

Dalam pidato publik terakhir sebelum pertemuan kebijakan Fed Juni pekan depan, Yellen mengatakan kenaikan suku bunga AS mungkin sedang dalam perjalanan, tetapi tidak menyebutkan tentang waktu kenaikannya.

Emas berada di bawah tekanan karena indeks dolar AS turun 0,3 persen menjadi 93,58 pada pukul 18.30 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Di sisi ekonomi, Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan pada Rabu bahwa lowongan kerja meningkat menjadi 5,788 juta, lebih baik daripada yang diperkirakan.

Para pedagang masih menunggu laporan klaim pengangguran mingguan yang akan dirilis pada Kamis, dan laporan sentimen konsumen yang akan keluar pada Jumat, sementara hati-hati mempertimbangkan laporan ekonomi menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal, Federal Reserve AS, akhir bulan ini.

Perak untuk pengiriman Juli bertambah 59,10 sen, atau 3,60 persen, menjadi ditutup pada 16,985 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik 12,60 dolar AS, atau 1,26 persen, menjadi ditutup pada 1.012,00 dolar AS per ounce.

(sumber: market.bisnis)

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.