Harga Emas Berjuang Untuk Berada di $1.300 Seiring Naiknya Manufaktur ISM AS di Bulan Maret

Pasar emas berjuang untuk menemukan momentum untuk dapat mendorong harga menembus $1.300 per ounce karena sentimen di sektor manufaktur AS meningkat bulan lalu, menurut laporan terbaru dari Institute for Supply Management (ISM).

Pada hari Kamis, Indeks Pembelian Manajer ISM naik ke pembacaan 55,3 pada bulan Maret, setelah pembacaan Februari sebesar 54,2%.

Angka pembacaan di atas 50% dalam indeks yang difusi seperti itu dilihat sebagai tanda pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya. Semakin jauh indikator berada di atas atau di bawah 50%, semakin besar atau kecil laju perubahannya.

Harga emas melihat sedikit pergerakan sebagai reaksi awal terhadap data ekonomi terbaru dan harga berada sedikit di bawah $1.300 per ounce. Emas berjangka Juni terakhir diperdagangkan pada $1.298 per ounce, relatif tidak berubah pada hari itu.

Komponen laporan menunjukkan kekuatan berbasis yang luas. Indeks Pesanan Baru naik menjadi 57,4%, naik 1,9 poin dari pembacaan Februari 55,5%. Sementara itu, Indeks Produksi menunjukkan pembacaan 55,8T, peningkatan 1 poin persentase dibandingkan dengan pembacaan sebelumnya 54,8%.

Untuk pasar tenaga kerja, Indeks Ketenagakerjaan naik menjadi 57,5%, meningkat 5,2 poin persentase dari pembacaan Februari 52,3%.

“Komentar dari panel mencerminkan kekuatan bisnis yang terus berkembang, didukung oleh keuntungan dari pesanan baru dan pekerjaan,” kata laporan itu.

Laporan itu juga positif untuk harga emas karena menunjukkan peningkatan tekanan inflasi. Indeks Harga naik menjadi 54,3%, kenaikan 4,9 poin persentase dari pembacaan Februari sebesar 49,4%, menunjukkan kembalinya kenaikan harga bahan baku setelah jeda dua bulan.

“Secara keseluruhan, input terus mencerminkan pelonggaran lingkungan bisnis, tetapi pada tingkat yang lebih rendah dari pada Februari, dikonfirmasi oleh Indeks Harga yang kembali naik,” kata laporan itu.

Avery Shenfeld, mengatakan bahwa data manufaktur terbaru harus mendukung dolar AS, yang dapat membebani harga emas.

“Secara keseluruhan, indeks hanya sedikit mendekati rata-rata enam bulan, dan komponen pesanan baru sebenarnya di atas rata-rata 6 bulan,” katanya.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.