Harga Emas Berpegang pada Keuntungan Karena Sentimen Di Sektor Jasa AS Tumbuh

Harga emas bertahan di dekat sesi tertinggi, tepat di bawah resistensi kritis di $ 1.250 per ons karena sentimen di sektor jasa AS terus terbangun, menurut data terbaru dari Institute of Supply Management (ISM).

Indeks ISM Non-Manufacturing Purchasing Managers naik menjadi pembacaan 60,7% pada bulan November, naik dari pembacaan Oktober sebesar 60,3%. Peningkatan ini lebih baik dari yang diperkirakan para ekonom yang menyerukan pembacaan 59%.

“Sektor non-manufaktur terus mencerminkan pertumbuhan yang kuat pada November,” kata laporan itu. “Responden tetap positif tentang kondisi bisnis saat ini dan arah ekonomi.”

Angka di atas 50 dilihat sebagai tanda pertumbuhan ekonomi – semakin jauh indikator berada di atas atau di bawah 50, semakin besar atau semakin kecil laju perubahan.

Emas berpegang pada kenaikan baru-baru ini, menunjukkan sedikit reaksi terhadap data ekonomi terbaru. Pasar bereaksi terhadap sentimen ketakutan yang kuat di seluruh pasar keuangan karena pasar ekuitas AS tetap turun hampir 2% secara keseluruhan. Emas berjangka Februari lalu diperdagangkan pada $ 1,247.90 per ounce, naik 0,43% pada hari itu.

Komponen-komponen indeks menunjukkan kekuatan berbasis luas dalam sektor jasa. Indeks aktivitas bisnis meningkat menjadi 65,2%, naik dari pembacaan Oktober 62,5%.

Namun pasar tenaga kerja, yang masih kuat, menunjukkan bukti lebih lanjut dari momentum jatuh. Indeks pekerjaan turun ke pembacaan 58,4%, turun dari pembacaan Oktober 59,7%. Menurut beberapa ekonom, data ketenagakerjaan terbaru terus menyoroti meningkatnya resiko penurunan untuk laporan nonfarm employment resmi pada hari Jumat.

Data itu muncul setelah prosesor penggajian sektor swasta ADP mengatakan bahwa jumlah tenaga kerja bulan lalu lebih lemah dari yang diperkirakan, menyebabkan lonjakan harga emas awal.

Laporan itu juga mencatat kenaikan tekanan inflasi, positif untuk emas. Indeks Harga meningkat menjadi 64,3%, naik dari pembacaan bulan Oktober 61,7%

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*