Harga Emas dan Perak Sedikit Turun Akibat Menurunnya Risk Aversion, Greenback Menguat

Harga emas dan perak ditutup dengan sedikit turun pada perdagangan pagi AS hari Senin. Mengesampingkan risk aversion di pasar awal minggu ini – yang dibuktikan oleh rally solid di pasar saham AS hari ini – bekerja melawan logam safe haven. Juga, indeks dolar AS yang memulai minggu perdagangan ini dengan lebih kuat merupakan elemen negatif bagi pasar logam. Kontrak berjangka emas Comex bulan lalu turun $2,60 per ounce di $1,320.80. Perak Comex terakhir turun $0,041 pada $16,425 per ounce.

Ancaman perang perdagangan global memang membuat beberapa orang membeli safe-haven di pasar emas dan perak pada perdagangan semalam, setelah Presiden Amerika Serikat Trump akhir pekan lalu mengumumkan bahwa dia menaikkan tarif impor baja dan aluminium. Namun, seiring sesi perdagangan pagi AS berlangsung, kekhawatiran tersebut nampaknya mereda saat pasar saham rally (menguat).

Pemilu Italia pada hari Minggu yang tidak menghasilkan pemenang yang jelas juga membuat beberapa ketidakpastian di pasar. Italia adalah ekonomi terbesar ketiga di Uni Eropa. Namun, para pedagang dan investor tidak menganggap hal ini sebagai penggerak pasar yang signifikan setidaknya tidak untuk saat ini.

Kunci outside market lain pada Senin pagi melihat harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan di atas $62.00 per barel. Jika pasar minyak bisa stabil dan memulai tren lebih tinggi lagi, pasar logam mulia kemungkinan akan melihat kenaikan pembelian. Minyak mentah bisa dibilang pemimpin sektor komoditas mentah.

Secara teknikal, harga emas berjangka April ditutup mendekati sesi rendah hari ini. Kenaikan dan penurunan emas berada pada level lapangan teknis jangka pendek secara keseluruhan. Namun, harga berada dalam tren turun selama enam minggu di bar chart harian. Kenaikan harga breakout objective upside emas jangka pendek selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis yang solid di level tertinggi akhir pekan lalu di $1,342.90. Penurunan harga breakout objective downside emas jangka pendek selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis yang solid di $1.300,00. Resistensi pertama terlihat di level tertinggi hari ini di $1,328.90 dan kemudian di $1,335.00. Support pertama terlihat di $1,315.00 dan kemudian di $1,309.00.

Harga perak berjangka Mei ditutup mendekati sesi rendah dan mencetak penurunan “outside day” di bar chart harian. Penurunan perak memiliki keuntungan teknis jangka pendek keseluruhan. Harga berada dalam tren turun selama enam minggu di bar chart harian. Kenaikan harga breakout objective upside perak selanjutnya adalah harga penutupan di atas resistance teknis yang solid pada level tertinggi Februari di $17,04 per ounce. Penurunan harga breakout objective downside perak selanjutnya adalah harga penutupan di bawah support solid di $16.00. Resistance pertama terlihat di level tertinggi hari ini di $16,62 dan kemudian di level tertinggi minggu lalu di $16,785. Support berikutnya terlihat pada level terendah hari ini di $16,37 dan kemudian pada level terendah minggu lalu $16,16.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.