Harga emas dunia naik

Pergerakan harga komoditas logam mulia Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada Jumat (26/12/14) atau Sabtu (27/12/14) pagi WIB.

Hal ini terjadi karena minyak mentah sedikit menguat, namun volume perdagangan tipis pasca libur Natal.

Lebih jauh kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari 2015, naik US$21,8 atau 1,86%, menjadi menetap di US$1.195,30 per ounce.

Lebih dalam analis mengatakan bahwa kenaikan harga emas setelah Natal itu sebagian besar karena “short-covering” (pembelian kembali emas yang telah dijual) oleh spekulan setelah logam mulia tergelincir selama tiga hari perdagangan berturut-turut.

Secara umum beberapa analis mengaitkan kenaikan emas terhadap harga minyak mentah yang lebih tinggi, karena kerusuhan di Libya telah mengurangi pasokan.

Tiga kapal tanker minyak terbakar di pelabuhan minyak terbesar Libya pada Jumat, setelah serangan oleh kelompok militan Libya dengan granat roket. Sejak 13 Desember 2014, pertempuran telah memangkas produksi minyak Libya dari 800.000 barel per hari menjadi sekitar 200.000 barel, menurut pejabat Libya.

Keuntungan emas sedikit menurun karena harga minyak berbalik negatif dan dolar AS menguat terhadap mata uang utama.

Likuiditas di pasar masih sedikit pada Jumat setelah liburan Natal. Pasar utama lainnya seperti Australia, Hong Kong, Singapura dan Inggris tutup.

(sumber: kanalsatu)

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.