Harga Emas Global Dekati Level Tertinggi 3,5 Bulan

SINGAPURA – Harga emas global berada mendekati level tertinggi 3,5 bulan karena lesunya data ekonomi dari China dan Amerika Serikat (AS) memicu spekulasi Federal Reserve tidak akan menaikkan suku bunga tahun ini.

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot sedikit berubah menjadi USD1.185/ons setelah reli empat hari. Logam naik ke USD1.190 pada Selasa, tertinggi sejak 22 Juni 2015.

Data pada hari Rabu menunjukkan penjualan retail AS hampir naik pada September dan harga produsen mencatat penurunan terbesar dalam delapan bulan, menunjukkan ekonomi kehilangan momentum di tengah perlambatan pertumbuhan global.

Data China sebelumnya menunjukkan inflasi konsumen melemah dari yang diperkirakan pada September, sementara harga produsen memperpanjang penurunannya untuk 43 bulan berturut-turut, menambah kekhawatiran tentang tekanan deflasi di negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia.

Emas cenderung mendapatkan keuntungan dari suku bunga rendah dan merosotnya dolar AS (USD) pada Rabu ke level terendah sejak akhir Agustus terhadap sejumlah besar mata uang. Melemahnya USD membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Sementara perak mencapai level tertinggi 3,5 bulan menjadi  USD16,18/ons pada Kamis sebelum berkurang sedikit. Platinum naik ke harga tertinggi lima pekan ke USD999, sebelum turun 0,2% dan paladium naik tipis. (Sumber: Sindonews)

(Pr)

 

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.