Harga Emas Global Menguat Dekati USD1.185/Ons

JAKARTA – Harga emas global diperdagangkan menguat mendekati USD1.185/ons pada hari ini karena kegagalan negosiasi Yunani mencapai kesepakatan dengan kreditor mendorong permintaan emas.

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar Spot stabil di USD1.184,78/ons pada pukul 00.25 GMT atau 07.25 WIB setelah naik 0,5%.

Sikap Yunani dan kreditor mengeras setelah gagalnya pembicaraan untuk mencegah default dan kemungkinan keluar dari zona Eropa, mendorong komissari Uni Eropa asal Jerman mengatakan, sudah waktunya mempersiapkan keadaan darurat.

Athena hanya memiliki waktu dua pekan untuk mencari jalan keluar dari kebuntuan sebelum menghadapi pembayaran senilai 1,6 miliar euro ke Dana Moneter Internasional (IMF).

Sementara bursa saham di seluruh dunia jatuh pada hari Senin, tertekan gagalnya negosasi Yunani dan kreditor, sehingga investor khawatir kemungkinan Athena bisa default.

Yang juga menajdi fokus pekan ini adalah pertemuan Federal Reserve dua hari pada hari Selasa. Investor akan memantau komentar Gubernur Fed Janet Yellen mengenai waktu kenaikan suku bunga.

Naiknya suku bunga akan mengurangi permintaan emas. Adapun, kepemilikan emas di SPDR Gold Trust jatuh 0,30% menjadi 701,90 ton pada Senin, terendah sejak 2008. (sindonews.com)(dk)

 

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.