Harga Emas Hari Ini : Diiringi Pelemahan Dollar AS, Harga Emas Dunia Alami Kenaikan Signifikan !

Smeaker.com – Harga emas global kembali alami kenaikan setelah didukung akan melemah dolar AS serta juga lambatnya pertumbuhan ekonomi AS.

Pada perdagangan Senin (1/2/2016) waktu setempat (Selasa pagi WIB), harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange mengalami kenaikan dengan berakhir lebih tinggi.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April ditutup naik 11,6 dollar AS, atau 1,04 persen, pada 1.128,00 dollar AS per ounce.

Indeks dollar AS 0,52 persen menjadi 99,13 pada pukul 17.45 GMT, emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah.

Jelas saja dengan melemahnya solar AS terhadap mata uang utama dunia menjadikan angin segar bagi logam mulai emas.

Bahkan bukan hanya dolar saja yang memberikan dukungannya untuk emas naik ke level yang lebih tinggi. Ada dukungan daru Dow Jones Industrial Average AS yang mengalami penurunan yang menjadikan hal tersebut sebagai pelontar emas untuk naik lebih tinggi.

Emas global mendapatkan dukungan lebih lanjut karena laporan yang dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan indeks manufaktur utama masih pada tingkat 48,2. Posisi ini  bukan hanya angka di bawah 50 untuk bulan keempat berturut-turut, tetapi juga tingkat terburuk sejak 2009.

Seperit yang dicatatkan oleh apra analis, ketika ekuitas membukukan kerugian, logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman.

Namun berbeda dengan emas dunia yang mengalami kenaikan ditengah melemahnya dolar, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) malah turun dari posisi sebelumnya.

Harga jual adan harga beli kembali (buyback) emas Antam pada perdagangan hari kedua pekan ini mengalami penurunan.

Dilansir dari situs Logammulia.com, Selasa (2/2/2016), harga jual emas Antam turun Rp 1.000 menjadi Rp 547.000 per gram dari sebelumnya Rp 548.000 per gram. Sementara, harga buyback emas Antam juga turun Rp 1.000 menjadi Rp 491.000 per gram dari sebelumnya Rp 492.000 per gram.

Harga emas Antam tersebut berbeda dengan harga jual sebelumnya yang sempat stabil, namun di hari kedua ini malah harga jual emas Antam alami penurunan, sangat berbeda dengan harga emas global yang naik tipis. (smeaker.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.