Harga Emas Hari Ini : Pasar Ekuitas AS Jatuh Lagi, Harga Emas Alami Kenaikan Cukup Signifikan

Smeaker.com – Setelah ditekan selama beberapa hari berturut-turut, emas kembali tunjukkan kilaunya berkat dukungan dari melemahnya pasar ekuitas Amerka Serikat.

Pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB 19/2/2016), harga emas menujukkan kemilaunya dengan pelemahan pasar ekuitas AS walaupun data pengangguran positif.

Harga emas di pasar spot naik 2,1 persen menjadi US$ 1.234,5 perounce, mendekati level tertinggi satu tahun sekitar US$ 1.260 per ounce pada minggu lalu.

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange untuk pengiriman April ditutup naik 1,2 persen menjadi US$ 1.226,3.

Emas mendapat dukungan ketika laporan yang dirilis oleh Federal Reserve AS cabang Philadelphia menunjukkan pelemahan di sektor manufaktur pabrik. Analis mengatakan bahwa indeks kondisi bisnis secara umum turun menjadi negatif 2,8 yang merupakan tren penurunan lanjutan.

Kemunduran di pasar saham AS akan meredam selera risiko (risk appetite) investor dan mendorong mereka menuju aset-aset “safe-haven”, termasuk emas, dan sebaliknya ketika ekuitas AS membukukan keuntungan, analis mencatat.

“Emas sebagai safe haven kini menjadi incaran  di era suku bunga negatif di Eropa, Jepang, Swedia dan Denmark,” kata Senior Investment Strategist dari US Bank Wealth Management, Rob Haworth.

Dengan kondisi pasar saham AS yang tengah mengalami pelemahan serta juga gejolak ekonomi dunia memberikan kekuatan pada harga emas untuk kembali unjuk gigi kepada para investor. Hal tersebut membuat para investor mencari tempat yang aman ditengah gejolak ekonomi dengan pasar saham yang melemah, dan emas menjadi pilihan yang tepat.

“Saat ekuitas ditarik kembali. Emas muncul dan Emas sekarang adalah sangat bullish” kata Senior Market Strategist dari RJO Futures, Bob Haberkorn dilansir dari Reuters, Jumat.

Melemahanya pasar saham AS ini juga dibebani oleh penurunan harga minyak serta anjloknya saham Wal-Mart Stores. Jelas itu merupakan kekuatan bagi emas untuk naik ke level lebih tinggi dan membuat para investor kembali melirik emas sebagai investasi yang aman.

Harga emas telah meningkat hampir 20 persen sejak dekati posisi terendah enam tahun pada Desember.  Tak hanya emas, harga Ppatinum naik 0,04 persen menjadi US$ 942,99 per ounce dan paladium turun 1,5 persen menjadi US$ 503,51. (smeaker.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.