Harga Emas Konsolidasi Nantikan Data PDB AS

INILAHCOM, Jakarta – Harga emas tampak konsolidasi. Trigger pergerakan berikutnya tergantung pada hasil rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) AS nanti malam.

Berdasarkan data yang dilansir cnbc.com, pada perdagangan Jumat (28/2/2014) hingga pukul 11.27 WIB, harga emas internasional ditransaksikan melemah sebesar US$1,7 (0,13%) ke posisi US$1.330,1 per troy ounce.

Ariston Tjendra, kepala riset Monex Investindo Futures mengatakan, harga emas terlihat sedang melakukan konsolidasi. “Belum ada data baru yang bisa mendorong naik harga emas,” katanya kepada INILAHCOM, di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Harga emas, lanjut dia, cenderung tertekan turun. “Dekat level resistance US$1.334 per troy ounce dan di bawah level US$1.329 bisa dijadikan peluang untuk masuk posisi jual dengan potensi target ke area US$1.326 atau mungkin bisa mendekati US$1.322 per troy ounce,” papar dia.

Sementara pergerakan di atas US$1.334 menurut Ariston, membuka potensi penguatan ke area US$1.338 per troy ounce.

Hari ini, lanjut Ariston, data yang bisa menjadi market movers adalah data Consumer Price Index (CPI) Flash zona euro dan data Produk Domestik Bruto (PDB) AS kuartal IV-2013 pengukuran yang pertama.

Data CPI zona euro ini, menurut dia, bisa mengangkat harga emas bila data yang keluar lebih bagus dari proyeksi. Sementara data GDP AS bisa menekan turun harga emas bila data yang dirilis lebih bagus dari proyeksi. “Proyeksi CPI Flash zona euro 0,7% dan proykeis GDP AS 2,6%,” imbuh Ariston. (sumber: inilah)

(zou)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.