Harga Emas Lebih Tinggi karena Short Covering, Bargain Hunting

Harga emas sedang naik dan diperdagangkan di level tertinggi hariannya di perdagangan AS sore hari Rabu. Beberapa short covering oleh pedagang jangka pendek ditampilkan hari ini, serta beberapa pembelian basement murah yang terlihat di pasar tunai. Pasar perak sedikit naik saat midday setelah merosot ke level terendah hampir selama tiga tahun semalam. Emas berjangka Desember bertahan hingga $ 7,30 per ounce pada $ 1,208.60. Perak Comex Desember terakhir naik $ 0,088 pada $ 14,065 per ounce.

Aksi jual di pasar saham AS hari ini juga membantu pasar emas safe-haven.

Sorotan ekonomi AS hari ini adalah rilis Indeks Harga Konsumen untuk Oktober, yang naik di 0,3%, yang sesuai dengan harapan dan berdampak kecil pada logam.

Penurunan besar baru-baru ini dalam harga minyak mentah telah menakuti pasar dunia. Harga minyak mentah berjangka Nymex menguat hari ini karena bouncing korektif setelah mencapai level terendah selama 11 bulan di $ 54,75 per barel pada hari Selasa. Dalam waktu kurang dari enam minggu, harga minyak Nymex turun lebih dari $ 20 per barel. Penurunan tajam harga minyak merupakan elemen bearish untuk sebagian besar sektor komoditas mentah, termasuk logam, karena minyak adalah pemimpin sektor tersebut.

Investor Eropa resah pada pertengahan minggu. Laporan mengatakan bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May telah mengatakan kepada anggota kabinetnya untuk mendukungnya dalam agenda Brexit, atau berhenti. Laporan akhir mengatakan bahwa May telah menarik rencana Brexitnya. Mata uang Euro jatuh ke posisi terendah selama 16 bulan terhadap dolar AS pada hari Senin. Imbal hasil obligasi Italia naik ke level tertinggi selama tiga minggu hari ini karena pemerintah Italia dan pejabat UE bertengkar soal spesifikasi anggaran Italia.

Dalam berita semalam lainnya, output industri China dilaporkan naik 5,9% lebih baik dari perkiraan pada Oktober, dari tahun ke tahun. Namun, penjualan ritel China naik 8,6% pada bulan Oktober, yang turun dari laju 9,2% pada bulan September, dari tahun ke tahun.

Produk domestik bruto Jerman menyusut 0,8% pada kuartal ketiga, untuk laju pertumbuhan paling lambat untuk ekonomi Uni Eropa terkemuka dalam lebih dari lima tahun. Sementara itu, PDB Zona Euro dilaporkan naik 0,2% pada kuartal ketiga, dan naik 1,7%, dari tahun ke tahun, yang sejalan dengan ekspektasi pasar.

Indeks dolar AS diperdagangkan melemah karena koreksi korektif hari ini, tetapi tidak jauh di bawah level high selama 1,5 tahun minggu ini.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.