Harga Emas LLG Ditutup Meroket ke 1 Bulan Tertinggi

Harga emas spot LLG dan berjangka Comex ditutup menguat lagi pada akhir perdagangan Jumat dini hari tadi (25/9). Harga logam mulia melejit kencang di akhir perdagangan dini hari tadi, mencapai posisi paling tinggi dalam 1 bulan belakangan. Harga logam mulia lain mengalami peningkatan tajam mengikuti kenaikan harga emas.

Peningkatan harga emas terjadi setelah dollar AS melemah malam tadi. Penurunan nilai tukar mata uang ini terjadi setelah data durable goods order di bulan Agustus lalu mengalami penurunan sebesar 2 persen. Kondisi ini menurunkan potensi kenaikan suku bunga acuan Fed.

Para pelaku pasar juga memilih untuk mengoleksi instrumen safe haven karena para pelaku pasar dilanda kekhawatiran mengenai melambatnya ekonomi global. Data ekonomi dari Tiongkok menunjukkan bahwa potensi perlambatan pertumbuhan akan berlanjut di negara tersebut.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan dini hari tadi ditutup pada posisi 1.152,13 dollar per troy ons. Harga emas spot LLG tersebut mengalami peningkatan mantap sebesar 2 persen. Harga emas berjangka Comex juga tampak mengalami kenaikan yang signifikan. Di akhir perdagangannya dini hari tadi harga emas Comex tersebut mengalami penguatan sebesar 22,30 dollar dan ditutup di posisi 1.153,80 dollar per troy ons.

Pada sesi perdagangan di Asia Kamis pagi harga emas terpantau masih cenderung bergerak melemah. Desakan aksi ambil untung terjadi di pasar emas pagi ini, meskipun masih terbatas. Harga emas spot LLG pagi ini ditransaksikan pada posisi 1.150,85 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan mengalami retreat terbatas. Harga emas secara umum masih menunjukkan pola pergerakan yang cenderung menguat untuk jangka pendek.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level support pada posisi 1.155  dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan pelemahan lagi ke posisi 1.160 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan rebound harga akan mengetes level resistance pada posisi 1.145 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan peningkatan ke posisi 1.140 dollar. (vibiznews.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.