Harga Emas LLG Jatuh Lagi, Bersiap Tinggalkan USD1000

Harga emas spot LLG dan berjangka Comex bergerak mixed (23/7). Harga emas spot kembali berakhir dengan membukukan penurunan yang signifikan pada penutupan perdagangan Jumat dini hari tadi tetapi harga emas berjangka justru terpantau naik terbatas. Harga logam mulia makin terpuruk setelah dilaporkan bhawa data klaim pengangguran di Amerika Serikat mengalami penurunan yang lebih besar dari prediksi pekan lalu. Penurunan angka klaim pengangguran membantu dollar bergerak rebound dari level harian terendah yang sempat dicapainya.

Sentiment negatif masih sangat kental sehingga para investor memprediksi bahwa penurunan harga emas masih akan berlanjut. Hari Senin lalu harga emas mengalami penurunan harian terbesar dalam nyaris dua tahun belakangan. Harga didorong melemah ke level support kuat dan ada kemungkinan untuk terus mengalami penurunan.

Kemungkinan Fed akan segera menaikkan suku bunga acuan mulai bulan September telah mengakibatkan minat terhadap emas sebagai sarana investasi safe haven berkurang jauh. Para pelaku pasar sempat berusaha untuk menggiatkan aksi bargain hunting pada perdagangan Rabu lalu. Tetapi tampaknya belum ada pijakan yang cukup kuat untuk mendukung rebound harga emas tersebut.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan Kamis dini hari berada pada posisi 1.087,56 dollar per troy ons. Harga komoditas ini mengalami penurunan harian sebesar 0,5 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Pada perdagangan malam tadi harga sempat menyentuh level harian tertinggi di posisi 1.105,60 dollar.

Sementara itu harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus justru tampak mengalami penutupan di zona positif. Harga emas berjangka Comex berakhir melemah sebesar 0,2 persen di posisi 1.094,10 dollar per troy ons.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang cenderung melanjutkan penurunan. Harga saat ini berada pada posisi 1.090,45 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini masih berpotensi untuk mengalami penurunan lanjutan. Trend bearish sangat kuat terjadi di pasar komoditas ini.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.100  dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan pelemahan lagi ke posisi 1.105 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang makin melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.085 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan ke posisi 1.080 dollar.

sumber: vibiznews.com

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.