Harga Emas LLG Rabu Pagi Masih Stagnan

Pada penutupan perdagangan dini hari tad harga emas masih melanjutkan penurunan (23/9). Harga logam mulia terpukul mundur ditekan oleh kenaikan nilai tukar dollar AS. Malam tadi indeks dollar bergerak menguat di tengah ekspektasi bahwa Fed akan mulai menaikkan suku bunga acuan pada bulan Desember tahun ini.

Harga-harga komoditas lain di bursa komoditas Amerika Serikat mengalami penurunan yang merata. Anjloknya harga emas membuka kesempatan aksi jual di pasar komoditas. Selain ini kenaikan nilai tukar dollar AS juga membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaannya mengalami penurunan.

Pekan lalu harga emas sempat mengalami lonjakan tajam setelah Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga di level paling rendah sepanjang sejarah. Keputusan Fed ini menimbulkan minat terhadap investasi emas yang memang selama ini memperoleh support dari suku bunga ultra rendah di AS. Akan tetapi komentar petinggi Fed yang mengatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan hanya tertunda kembali mendorong turun harga emas.

Harga emas spot LLG mengakhiri perdagangannya dengan membukukan penurunan sebesar 0,7 persen pada posisi penutupan 1.124,96 dollar per troy ons. Sementara itu harga emas berjangka Comex mengalami penurunan sebesar 0,7 persen pada posisi 1.124,80 dollar per troy ons.

Pada sesi perdagangan Rabu pagi di Asia harga emas spot LLG terpantau masih stagnan dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi. Harga diperdagangkan pada posisi 1.124,95 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center pada sesi perdagangan hari ini harga emas spot terpantau masih berpotensi untuk melanjutkan pergerakan melemahnya. Pernyataan bahwa Fed hanya menunda kenaikan suku bunga acuan menyebabkan para pelaku pasar berpendapat bahwa kenaikan suku bunga acuan akan mulai dilakukan bulan Desember mendatang.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.127 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.135 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan retreat harga akan mengetes level support pada posisi 1.120 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan penurunan ke posisi 1.115 dollar. (vibiznews.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.