Harga Emas Masih di Level Terendah Jelang Pertemuan The Fed

Liputan6.com, Singapura – Harga emas cenderung mendatar pada perdagangan Jumat pekan ini namun bergerak ke level terendah dalam tujuh minggu. Hal itu mengingat investor mengantisipasi rencana bank sentral Amerika Serikat (AS) untuk menaikkan suku bunga.

Di pasar spot, harga emas sedikit berubah ke level US$ 1.070,56 per ounce setelah ditutup mendatar dalam dua sesi. Sepekan ini, harga emas telah susut 1,5 persen.

Ada pun rilis data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) menguat pada pekan lalu mendorong kenaikan harapan kalau bank sentral AS akan menaikkan suku bunga pada pertemuan 15-16 Desember 2015.

Pimpinan bank sentral AS Janet Yellen akan memutuskan kebijakan suku bunga pada pekan depan, dan juga memberikan petunjuk bagaimana kenaikan suku bunga untuk tahap berikutnya. Para pelaku pasar memperkirakan, bank sentral AS akan menaikkan suku bunga dua atau tiga kali pada tahun depan.

Mengutip riset www.fortisasiafutures.com, harga emas naik tipis di awal perdagangan sesi Asia. Investor masih terlihat hati-hati menjelang keputusan kebijakan moneter bank sentral AS pada pekan depan

Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah besar anggota bank sentral AS, termasuk pimpinan bank sentral AS Janet Yellen mengirim indikasi kuat kalau bank sentral AS akan menaikkan suku bunga pada pertemuan tersebut.

Periode pekan lalu, klaim pengangguran di AS naik 13 ribu menjadi 282.000, melebihi perkiraan sebelumnya 270 ribu. Di tempat lain, harga ekspor barang AS pada November turun 0,6 persen dan secara tahunan harga ekspor barang AS merosot 6,3 persen lebih baik dari bulan sebelumnya yang berada di angka 6,7 persen.

Emas masih bergerak datar dan harga emas bergulir tipis di bawah rata-rata pergerakan 20 dan 50 harian. “Logam itu masih akan cenderung bergerak datar. Stochastic berada di area beli. Resistance dan support berada di harga US$ 1.079,70-US$ 1.062,30,” tulis riset tersebut. (bisnis.liputan6.com)(dk)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.