Harga Emas Melambung Pada Pernyataan FOMC yang Sangat Dovish

Harga emas dan perak cukup tinggi dan mencapai harga tertinggi harian di perdagangan sore AS hari Rabu. Harga emas juga mencapai harga tertingginya selama tiga minggu, pasca-FOMC. Logam-logam tersebut terangkat oleh nada yang secara mengejutkan lebih dovish datang dari pernyataan FOMC yang baru saja dirilis. Sekarang, pasar menunggu konferensi pers pasca-FOMC dari Ketua Fed Jay Powell. Emas berjangka April bertahan hingga $ 6,50 per ons di $ 1,313.10. Perak Comex Mei bertahan hingga $ 0,108 pada $ 15,475 per ounce.

Pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) yang dimulai Selasa pagi dan berakhir beberapa saat yang lalu menunjukkan bahwa Fed telah mengambil langkah kuat lain ke arah kebijakan moneter AS yang lebih mudah. Pernyataan FOMC mengatakan Fed akan mempertahankan suku bunga AS tidak berubah dan berencana tidak akan menaikkan suku bunga lagi tahun ini. Fed juga akan mengurangi balance sheet-nya mulai Mei dan mengakhirinya pada Oktober. Mulai bulan Oktober, Fed berencana untuk menginvestasikan kembali sekuritas yang didukung hipotek ke dalam Treasury AS. Pernyataan itu juga mengatakan pasar tenaga kerja AS tetap kuat tetapi pertumbuhan ekonomi AS sedikit melambat, sebagaimana dibuktikan dengan belanja rumah tangga yang lebih lambat dan investasi bisnis yang lebih rendah. Anggota FOMC mengatakan tekanan inflasi telah mereda, sebagian besar karena harga energi yang lebih rendah. Indeks saham AS juga membuat kemajuan pada pernyataan mengejutkan Fed yang dovish. Indeks dolar AS sold off dan mencapai posisi terendah hariannya di berita Fed.

Risk appetite di pasar dunia tetap optimis, karena tidak ada masalah geopolitik besar yang menggerakkan pasar dunia. Ini telah menjadi faktor penghambat bagi kenaikan harga di pasar safe-haven emas dan perak.

Laporan berita mengatakan AS dan China bergerak lebih dekat ke perjanjian perdagangan formal setelah dua ekonomi terbesar di dunia itu berperang selama berbulan-bulan. Laporan-laporan mengatakan Menteri Keuangan AS Mnuchin dan Perwakilan Perdagangan AS akan melakukan perjalanan ke China minggu depan untuk diskusi tingkat tinggi untuk mencoba membuat kesepakatan. Beberapa sekarang berspekulasi bahwa kesepakatan akan tercapai, tetapi itu tidak akan mencakup tuntutan penting yang telah dibuat AS, seperti pencurian kekayaan intelektual.

Pasar luar utama hari ini melihat indeks dolar AS sedikit menguat pada koreksi naik setelah mencapai level terendahnya selama tiga minggu pada hari Selasa. Bullish greenback memudar baru-baru ini. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex sedikit lebih rendah dan diperdagangkan di bawah $ 59,50 per barel. Harga minyak mencapai level tertinggi selama empat bulan pada hari Selasa.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.