Harga Emas Melemah Setelah Risalah FOMC; Terjadi Profit Taking Normal

Harga emas diperdagangkan turun di perdagangan sore AS hari Rabu. Logam kuning melihat harganya mundur setelah rilis risalah FOMC Federal Reserve. Harga emas awal hari ini mencapai level tertinggi selama 10 bulan. Pembelian berbasis grafik ditampilkan minggu ini di pasar emas dan perak, karena kedua logam telah melihat postur teknis mereka membaik baru-baru ini. Emas berjangka April terakhir turun $ 0,60 per ons pada $ 1,344.10. Perak Comex Maret bertahan hingga $ 0,108 pada $ 16,065 per ounce.

Titik data ekonomi AS hari ini adalah risalah FOMC Federal Reserve yang baru dirilis. Risalah mengungkapkan beberapa kekhawatiran lebih lanjut tentang risiko terhadap pertumbuhan ekonomi AS, yang menurut Fed moderat dalam beberapa bulan terakhir. Fed melihat beberapa risiko dalam menjaga kebijakan moneter stabil, saat ini. Risalah juga mengatakan Fed akan melakukan “kesabaran” pada kenaikan suku bunga di masa depan, juga menambahkan bahwa FOMC juga akan terus bergantung pada data. Anggota FOMC ingin melihat gulungan neraca sekuritas besar Fed berhenti pada akhir tahun ini.

Sementara risalah FOMC tidak mengandung kejutan, tampaknya pedagang emas jangka pendek mengambil kesempatan untuk mengambil beberapa keuntungan setelah laporan dan mengikuti kenaikan kuat baru-baru ini.

Perubahan sikap kebijakan Fed baru-baru ini ke salah satu kondisi moneter yang lebih akomodatif telah menjadi faktor mendasar yang signifikan untuk beberapa pasar komoditas, termasuk logam mulia. Hal itu juga bullish untuk pasar saham dan obligasi dunia.

Pada pertengahan minggu tampaknya ada sedikit optimisme dalam pembicaraan perdagangan AS-China yang sedang berlangsung, yang berlangsung minggu ini di Washington DC. Presiden Trump pada hari Selasa mengatakan mungkin ada fleksibilitas pada batas waktu awal Maret agar lebih banyak tarif perdagangan AS yang dibicarakan dengan China. Gagasan masih banyak tercampur pada apakah kesepakatan akhir akan tercapai dalam waktu dekat. Media pemerintah China, pada hari Rabu, mengatakan akan ada konsekuensi ekonomi yang sangat besar jika AS menjatuhkan sanksi baru terhadap China.

Saga Brexit UK terus berlanjut, karena empat anggota parlemen yang bersekutu dengan Perdana Menteri Theresa May memutuskan hubungan mereka dengannya. Masih belum ada kesepakatan yang dicapai meskipun tenggat akhir Maret sudah mendekati untuk Inggris meninggalkan Uni Eropa.

Pasar luar utama hari ini melihat indeks dolar AS sedikit lebih rendah setelah melihat koreksi korektif yang lebih besar pada hari Selasa. Harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan mencapai level tertinggi selama tiga bulan hari ini. Harga berada dalam tren naik yang bagus dari harga rendah pada 24 Desember di atas $ 42,50 per barel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.