Harga Emas Memegang Keuntungan yang Solid Saat Sentimen Manufaktur Menguat Pada November

Harga emas berpegang pada keuntungan yang solid, tetapi pasar melihat sedikit reaksi terhadap data manufaktur yang lebih kuat dari perkiraan.

Pada hari Senin, ISM mengatakan bahwa indeks manufakturnya meningkat menjadi pembacaan 59,3% pada November, naik dari pembacaan Oktober 57,7% dan mengalahkan perkiraannya. Perkiraan konsensus menyerukan pembacaan 57,5%.

“Aktivitas manufaktur AS meningkat pada bulan November, membalik sebagian besar penurunan yang terlihat di bulan sebelumnya,” kata Katherine Judge, ekonom senior di CIBC World Markets. “Pickup didorong oleh peningkatan berbasis luas.”

Meskipun data ekonomi memiliki sedikit dampak pada harga emas, karena pasar mendapat manfaat dari melemahnya momentum dalam dolar AS. Emas berjangka Februari terakhir diperdagangkan pada $ 1,236.90 per ons, naik hampir 1% pada hari itu.

Sementara indikator utama sentimen diperluas sebagai laju yang lebih cepat dari yang diharapkan, inflasi tetap jinak dengan harga manufaktur ISM jatuh ke pembacaan 60,7%, turun dari 71,6%. Ekonom mengharapkan untuk melihat penurunan sederhana menjadi 70,1%.

“Tekanan harga terus berlanjut, tetapi pada tingkat yang lebih rendah dari pada periode sebelumnya. Komunitas manufaktur terus berkembang,” kata Timothy Fiore, ketua ISM Manufacturing Business Survey Committee.

Komponen-komponen laporan menunjukkan kekuatan berbasis luas. Indeks pesanan baru meningkat menjadi 62,1%, naik dari pembacaan bulan Oktober 57,4%; sementara itu, indeks produksi meningkat menjadi 60,6%, naik dari pembacaan bulan Oktober 59,9%.

Pasar tenaga kerja juga menunjukkan pertumbuhan positif dengan indeks pekerjaan meningkat menjadi 58,4%, naik dari pembacaan Oktober 56,80%

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*