Harga Emas Mengabaikan Data Konstruksi Perumahan AS

Pasar emas mendekati sesi tertinggi di atas resisten kritis tetapi sebagian besar mengabaikan data konstruksi perumahan AS.

Data ekonomi terbaru Departemen Perdagangan menunjukkan bahwa housing starts AS naik 9,2% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 1.1.282 juta unit pada bulan Agustus, naik dari tingkat revisi Juli 1,174 juta. Perkiraan konsensus yang disusun oleh sebagian besar organisasi berita menyerukan dimulai sekitar 1,24 juta.

Untuk tahun ini, pembangunan perumahan naik lebih dari 9%, dibandingkan dengan aktivitas pada tahun 2017.

Sementara itu, Departemen Perdagangan mengatakan penghitungan izin bangunan – penting sebagai indikator kegiatan konstruksi di masa depan – turun 5,7% bulan lalu ke tingkat tahunan 1,229 juta, turun dari tingkat revisi Juli 1,303 juta. Ekonom mengharapkan untuk melihat peningkatan hingga 1,31 juta izin.

Untuk izin pembangunan tahunan turun 5,5% dari Agustus 2017.

Pasar emas belum bereaksi banyak terhadap data ekonomi ini karena terus mengikuti dolar AS. Logam kuning bertahan pada kenaikan baru-baru ini tetapi tidak berubah dalam reaksi awal terhadap data perumahan terbaru; Emas berjangka Desember diperdagangkan terakhir di $1,209.60 per ounce naik 0,57% pada hari itu.

Katherine Judge, ekonom senior di CIBC World Markets mengatakan bahwa data terbaru dapat menjadi indikator puncak dalam konstruksi untuk data perumahan.

“Perumahan belum menunjukkan momentum kenaikan sejak awal tahun ini, tanda bahwa pembangunan rumah telah mencapai puncaknya atau sangat dekat dengan puncaknya, katanya. “Secara keseluruhan, sementara aktivitas pasar perumahan kemungkinan akan melambat dalam jangka menengah karena formasi rumah tangga melambat dan suku bunga yang lebih tinggi mulai mengikis keterjangkauan, permintaan dalam waktu dekat harus tetap cukup solid, dibantu oleh kenaikan upah.”

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.