Harga Emas Menguat Dipicu Pudarnya Kenaikan Suku Bunga Fed

LONDON – Harga emas mencapai level tertinggi sejak pertengahan Mei, didorong pergerakan dolar dan pelemahan saham lantaran penantian Fed Rate dan juga kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Pound jatuh ke level terendah dua bulan terhadap dolar, mendorong emas ke level tertinggi dalam hampir tiga tahun di 909,83 pound per ounce, atau naik 1,9 persen.

Spot emas naik 0,9 persen menjadi USD1.284,76 per ounce. Emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus naik USD11,90 per ounce pada USD1.287,80.

Harapan untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve yang memudar telah mendorong harga emas naik tajam bulan ini. Emas telah reli 6 persen sejak data tenaga kerja AS Mei lebih lemah dari yang diharapkan.

“Setelah laporan pasar tenaga kerja, kenaikan suku bunga Fed telah pudar untuk Juni dan pada saat yang sama tampaknya seolah-olah peluang bagi Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa telah kembali lagi,” kata Analis Danske Bank, Jens Pedersen melansir Reuters, Selasa (14/6/2016).

Sementara itu, logam mulia lainnya, perak naik 0,3 persen pada USD17,37 per ounce. Platinum naik 0,6 persen pada USD996,23 per ounce dan paladium naik 1,1 persen menjadi USD548,25 per ounce. (Sumber: Okezone) (Pr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.