Harga Emas Naik karena Saham AS Turun

Harga emas mengakhiri sesi perdagangan pagi AS dengan sedikit kenaikan pada hari Kamis. Sell off lainnya di pasar saham AS mendorong permintaan safe haven di pasar emas dan perak. Bargain hunter juga memasuki kedua pasar setelah mereka turun ke posisi terendahnya selama beberapa minggu sejak hari ini. Emas berjangka Comex April naik $4,80 per ounce di $1,319.40. Perak Comex Maret terakhir naik $0,092 pada $16,33 per ounce.

Indeks dolar AS turun dari rally yang bagus minggu ini, yang juga mendukung pasar logam mulia. Grafik mengisyaratkan bahwa greenback telah memasuki pasar bawah jangka pendek.

Outside market lainnya melihat harga minyak mentah Nymex merosot lagi hari ini dan menyentuh titik terendah selama lima minggu. Secara teknis terlihat bahwa minyak mentah telah memasuki pasar atas dan itu bukanlah kenaikan (bullish) untuk logam atau sektor komoditas mentah lainnya.

Kerusakan teknis jangka pendek yang serius telah terjadi pada indeks saham AS baru-baru ini. Cari volatilitas ekuitas yang terus berlanjut dalam beberapa hari mendatang. Banyak kenaikan pasar emas dan perak yang membuat frustrasi logam karena belum melihat permintaan safe haven yang lebih kuat di tengah aksi sell-off pasar global. Namun, jika memang indeks saham AS dimasukkan ke dalam indeks saham utama (seperti yang ditunjukkan grafiknya) maka pasar emas dan perak setidaknya akan menjadi penerima manfaat jangka panjang. Uang yang mengalir keluar dari saham akan mencari jalan yang lain, dan emas dan perak cenderung melihat bagian mereka dari arus uang baru.

Secara teknis, harga emas berjangka April menutup sesi perdagangan pagi hari ini dengan mendekati sesi tinggi. Kenaikan emas memiliki keunggulan teknis jangka pendek hampir keseluruhan, namun perlu menunjukkan kekuatan yang lebih besar untuk menjaga keadaan tersebut. Kenaikan harga breakout objektif emas jangka pendek selanjutnya adalah untuk menghasilkan penutupan di atas resistance teknis yang solid pada $1,350.00. Penurunan harga breakout objektif jangka pendek selanjutnya adalah mendorong harga di bawah support teknis yang solid pada $1.300,00. Resistance pertama terlihat di $1,325.00 dan kemudian di level tertinggi hari Rabu di $1,334.80. Support pertama terlihat pada harga low hari ini di $1,309.00 dan kemudian di $1,300.00.

Harga perak berjangka Maret ditutup mendekati sesi tinggi hari ini setelah menyentuh titik terendahnya selama enam minggu awalnya. Short covering dan bargain hunting menjadi faktor utama. Penurunan perak masih memiliki keunggulan teknis jangka panjang secara keseluruhan yang kuat. Kenaikan harga breakout objektif perak selanjutnya adalah penutupan harga di atas resistance teknis yang solid pada $17.00 per ounce. Penurunan harga breakout objektif selanjutnya adalah harga penutupan di bawah support solid pada level terendah Desember di $15.635. Resistance pertama terlihat di $16,50 dan kemudian pada harga high hari Rabu di $16,73. Support berikutnya terlihat pada level terendah hari ini di $16.19 dan kemudian di $16.00.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.