Harga Emas Naik Ke Level Tertinggi Selama 5 Bulan Karena Permintaan Safe-Haven, Lemahnya USDX

Sinterklas tampaknya memberikan hadiah awal ke pasar emas, dan mengirimkan bongkahan batu bara ke pasar saham AS. Harga emas menguat lebih tinggi, mendekati level tertinggi harian dan mencapai level tertinggi selama lima minggu di perdagangan AS sore hari Kamis. Logam kuning didukung oleh permintaan safe haven di tengah penurunan besar lainnya di pasar saham AS hari ini, serta kekhawatiran tentang penutupan pemerintah AS. Harga perak menyentuh ke level tertinggi selama enam minggu hari ini, dibantu oleh rally emas. Aksi jual dalam indeks dolar AS hari ini juga menguntungkan bullish pasar logam. Emas berjangka Februari bertahan hingga $ 10.90 per ounce pada $ 1,267.20. Perak Comex Maret naik $ 0,037 pada $ 14,855 per ounce.

Pasar saham Eropa sebagian besar lebih rendah semalam, menyusul kerugian yang solid di pasar saham AS pada hari Rabu. Aksi harga hari ini di indeks saham AS melihat harga turun ke posisi terendah baru untuk tahun ini. Tidak ada petunjuk grafik awal bahwa indeks saham AS mendekati market bottom.

Pasar dunia masih bereaksi terhadap kenaikan suku bunga FOMC AS pada Rabu sore dan komentar dari Ketua Fed Jerome Powell yang mengecewakan sebagian besar pedagang dan investor. Mereka menganggap sikap kebijakan moneter baru Fed cenderung lebih dovish dari sebelumnya, tetapi tidak cukup dovish untuk mencegah apa yang banyak orang percaya sekarang sebagai perlambatan ekonomi global yang akan datang.

Sekarang kemungkinannya 50-50 bahwa pemerintah AS akan ditutup pada hari Jumat, karena laporan sekarang mengatakan administrasi Trump dan Kongres mungkin tidak mencapai kesepakatan tentang resolusi berkelanjutan untuk menjaga agar pemerintah tetap terbuka. Ini bukan masalah besar bagi pasar, tetapi menambah sedikit ketidakpastian.

Pasar luar utama hari ini melihat indeks dolar AS lebih rendah dan mencapai level terendah dalam empat minggu. Greenback sedang terpukul oleh Federal Reserve yang lebih dovish dan berkurangnya ketegangan di Uni Eropa mengenai keuangan Italia, yang telah mendukung mata uang Euro.

Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah dan mencapai level terendah selama 15 bulan di $ 45,67 per barel hari ini. Masih belum ada petunjuk grafik awal bahwa pasar minyak mentah mendekati market bottom, tetapi ada beberapa dukungan grafik jangka panjang yang kuat di area $ 42 yang dapat menghentikan penurunan.

Pedagang sedang menunggu laporan PDB AS Jumat pagi untuk kuartal ketiga, yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan 3,5%, dari tahun ke tahun.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.