Harga Emas Naik Ke Tertinggi Harian Tujuh Tahun

Harga Emas sempat melompat lebih dari 5 persen pada hari Kamis ke level tertinggi satu tahun, dan ditutup mencapai kenaikan harian terbesar dalam lebih dari tujuh tahun sebagai ketidakpastian keuangan, dolar lebih rendah dan penurunan bursa saham global di seluruh dunia mendorong investor mencari perlindungan investasi pada emas.

Kekhawatiran Investor tumbuh tentang profitabilitas bank karena tingkat pertumbuhan dan bunga rendah. Hasil Treasury AS jatuh juga mendukung permintaan emas.

Harga emas spot naik 3,8 persen pada $ 1,242.11 per ons, setelah melonjak 5,3 persen menjadi $ 1,260.60, tertinggi sejak Februari 2015. Itu di jalur untuk kenaikan harian terbesar sejak Januari 2009.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April ditutup naik 4,5 persen pada $ 1,247.80 per ons, dengan aktivitas pilihan yang luar biasa berat pada Maret dan April di $ 1.250 dan $ 1.300.

Rally diperpanjang setelah Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen, selama kesaksian kepada Komite Perbankan Senat AS, mengatakan dia tidak akan mengambil pertimbangan suku bunga negatif.

Spot emas telah meningkat hampir 18 persen pada tahun 2016 sejauh ini, setelah tiga tahun kerugian.

Penurunan emas dimulai Mei 2013 ketika mantan Ketua Fed Ben Bernanke pertama kali disebutkan mengurangi pembelian obligasi bulanan dan pasar mulai berpikir tentang kenaikan suku bunga AS yang lebih tinggi.

The Fed akhirnya menaikkan suku pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, tetapi harapan tentang kenaikan lanjutan suku bunga AS dan besarnya telah turunkan. Ini telah diperkuat oleh Yellen yang mengatakan pasar ketat kredit, pasar keuangan stabil, dan ketidakpastian atas pertumbuhan ekonomi Tiongkok telah menaikkan risiko bagi perekonomian AS.

Kepemilikan terbesar yang diperdagangkan di bursa ETF, New York SPDR Gold Trust, telah melonjak lebih dari 9 persen pada 22.570.000 ons.

Yield 10-tahun AS benchmark Treasury jatuh ke posisi terendah terakhir  tahun 2012, ketika Fed mencetak uang karena investor masuk ke dalam aset yang digunakan untuk lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi dan keuangan.

Harga perak naik 2,8 persen menjadi $ 15,71 per ons. Spot platinum naik 2,8 persen menjadi $ 959,48, sementara harga paladium naik 0,9 persen menjadi $ 524,16.

Malam nanti akan dirilis data Retail Sales AS yang diindikasikan meningkat, maka akan memebrikan potensi penguata dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi melemah dengan penguatan dollar jika data Retail Sales terealisir naik. Harga akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,244-$ 1,246 dan kisaran Support $ 1,240-$ 1,238. (vibiznews.com)(dk)

 

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.