Harga Emas Naik, Mencapai Level Tertinggi Selama 5 Minggu, Pada Pembelian Teknis Safe-Haven

Harga emas sedang naik dan mencapai level tertinggi selama lima minggu di perdagangan AS sore hari Selasa. Harga perak juga menguat dan mencapai level tertinggi selama tiga minggu hari ini. Logam-logam safe-haven mendapatkan dukungan pembelian dari penjualan (sell-off) besar di pasar saham AS hari ini. Pasar emas juga mendapat manfaat dari postur grafik jangka pendek yang membaik yang mengundang pembeli teknis. Saat ini, harga emas berada dalam tren naik di grafik batang harian. Emas berjangka Februari bertahan hingga $ 5,40 per ounce pada $ 1,245.00. Perak Comex Maret naik $ 0,156 pada $ 14,65 per ounce.

Pasar saham dunia juga sebagian besar lebih rendah dalam semalam. Para pedagang awal dan euforia investor atas gencatan senjata perdagangan AS-China selama 90 hari dengan cepat hilang. Pasar dengan cepat menyadari bahwa “yang jahat adalah rinciannya” untuk menyelesaikan masalah ini. Masalah ini kemungkinan akan terus menghasilkan ketidakpastian di pasar, dengan komentar dari AS dan pejabat pemerintah China terus mencubit pasar – seperti halnya sebelum pertemuan antara Presiden Trump dan Xi akhir pekan lalu.

Fitur di pasar AS baru-baru ini jatuh. Hasil Treasury (harga naik). Baru hari ini, catatan imbal hasil lima tahun, untuk membalikkan kurva imbal hasil. Ini adalah sinyal peringatan bagi beberapa pedagang dan investor, menunjukkan perlambatan pertumbuhan ekonomi AS. Inversi juga membantu menakuti pasar saham AS hari ini, dan pada gilirannya akan mendukung pasar emas dan perak pada beberapa permintaan safe-haven.

Pasar luar utama saat ini adalah bahwa AS hampir stabil setelah perdagangan indeks dolar yang lebih rendah awalnya. Beberapa permintaan safe haven juga mendorong greenback dari posisi terendahnya hari ini. Gencatan perdagangan AS-China mendorong pasar mata uang sekunder awal dunia, yang pada gilirannya menekan greenback.

Sementara itu, harga minyak mentah Nymex mendekati stabil dan diperdagangkan sekitar $ 53,00 per barel. Beberapa short-covering baru-baru ini terlihat di pasar minyak, menyusul kerugian yang parah. Kartel minyak OPEC akan bertemu di Wina, Austria pada hari Kamis. Laporan mengatakan para pejabat Rusia dan Arab Saudi berencana untuk memperpanjang pemangkasan produksi. Dan, Kanada membatasi produksi minyak mentahnya.

Kematian mantan Presiden AS George H.W. Bush dan hari berkabung nasional Rabu akan menutup pasar saham dan keuangan AS. Pasar berjangka AS lainnya akan tetap terbuka seperti biasa.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*