Harga Emas Naik

Harga emas sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan AS, karena beberapa short covering di pasar berjangka dan beberapa bargain hunting yang dirasakan di pasar tunai. Logam juga didukung karena indeks dolar AS berubah lebih lemah meskipun laporan pekerjaan AS yang optimis baru saja dirilis. Emas berjangka Juni bertahan naik $0,40 per ons pada $ 1.294,70. Perak Comex Mei bertahan hingga $0,061 pada $15,15 per ounce.

Laporan ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja AS untuk bulan Maret menunjukkan kenaikan non-farm payrolls sebesar 196.000, yang berada di atas ekspektasi pasar untuk kenaikan rata-rata 173.000. Laporan pekerjaan yang layak cukup untuk menggalang pasar saham AS ke level tertinggi multi-bulan, tetapi tidak cukup kuat untuk mengubah gagasan pedagang bahwa Federal Reserve akan terus bersabar pada setiap kenaikan suku bunga AS. Indeks dolar AS menguat pada awal laporan, tetapi kemudian bergerak ke level yang sedikit lebih rendah pada hari itu.

Indeks saham AS rally ke level tertinggi multi-bulan di Dow dan S&P 500, setelah laporan pekerjaan rilis. Sepanjang minggu, pasar safe-haven emas dan perak ditutup oleh sikap optimis trader dan investor yang telah mendorong kelas aset yang bersaing dari ekuitas.

Indeks saham Asia dan Eropa bervariasi hingga menguat dalam semalam. Pasar China tutup hari ini. Pedagang dan investor masih dalam mentalitas “berisiko” yang kuat menyusul berita bahwa Presiden Trump membuat pernyataan positif Kamis sore mengenai kesepakatan perdagangan AS-China yang dicapai dalam empat minggu ke depan. Namun Trump tidak langsung keluar dan mengatakan kesepakatan telah dilakukan atau menetapkan tanggal untuk pertemuan puncak dengan Presiden China Xi Jinping. Banyak yang berpikir bahwa Trump akan melakukan itu setelah pertemuan hari Kamis dengan pejabat tinggi perdagangan China.

Dalam berita semalam, pasar tidak bereaksi terhadap laporan bahwa Perdana Menteri Theresa May meminta Uni Eropa untuk menunda keluar dari blok sampai 30 Juni.

Presiden Trump pada hari Kamis memilih Herman Cain untuk menjadi anggota dewan gubernur Federal Reserve. Herman Cain perlu disahkan oleh Kongres. Cain adalah pendukung kebijakan moneter AS yang dikaitkan dengan “gold standard” dan bersama dengan Federal Reserve Kota Kansas pada 1990-an.

Pasar luar utama lainnya hari ini melihat harga minyak mentah Nymex sedikit naik dan diperdagangkan di sekitar $62,25 per barel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.