Harga Emas, Perak Melihat Beberapa Tekanan Dari Dolar AS Yang Kuat

Harga emas sedikit lebih rendah pada perdagangan sore di AS pada hari Rabu, karena kemunduran korektif normal setelah kenaikan yang bagus pada hari Selasa yang mendorong harga ke hampir level tertingginya selama tiga bulan. Dolar AS yang kuat di pasar valuta asing adalah elemen bearish pasar luar yang bekerja melawan bull logam mulia hari ini. Emas berjangka Desember terakhir turun $ 2,90 per ounce pada $ 1,233.90. Perak Comex Desember terakhir turun $ 0,088 pada $ 14,71 per ounce.

Buku beige yang baru dirilis dari Federal Reserve menunjukkan perekonomian AS sedang tumbuh dengan moderat hingga sedang di 12 distrik Fed, dan harus terus seperti itu. Namun, The Fed sedikit khawatir tentang ketatnya pasar tenaga kerja AS dan perselisihan perdagangan AS yang dapat berkontribusi terhadap meningkatnya tekanan inflasi. Beberapa distrik Fed melaporkan kenaikan biaya manufaktur dan pengiriman. Pertumbuhan upah dianggap sederhana hingga moderat, menurut buku beige. Pasar menunjukkan sedikit atau tidak ada reaksi terhadap laporan, yang tidak mengandung kejutan besar.

Pasar saham global bervariasi hingga lebih kuat hari ini, rebound dari kerugian solid pada hari Selasa. Indeks saham AS lebih rendah tetapi keluar dari posisi terendah harian mereka dalam perdagangan sore.

Indeks saham S&P 500 pada hari Selasa turun di bawah support dari chart grafik kuat pada level terendahnya untuk Oktober. Hal ini menunjukkan bahwa penurunan harga yang baru akan terjadi di pasar saham AS. Itu adalah bullish untuk aset keras seperti emas dan perak.

Masih ada masalah geopolitik yang membayangi pasar dunia, termasuk perang dagang AS-China, ketegangan AS-Arab Saudi atas jurnalis Saudi yang terbunuh, dan perlawanan Italia atas pembentukan anggarannya untuk memenuhi perselisihan Uni Eropa. Uni Eropa pada hari Rabu menolak rancangan anggaran Italia terbaru.

Semua hal di atas telah mendorong pasar saham dunia dan harga minyak mentah turun tajam, serta mengumpulkan aset safe-haven seperti emas, Treasury AS dan dolar AS.

Pedagang dan investor di Eropa sedang menunggu pertemuan kebijakan moneter rutin Bank Sentral Eropa hari Kamis. Tidak ada perubahan yang diharapkan dalam kebijakan moneter Uni Eropa, tetapi konferensi pers ketua ECB Mario Draghi dapat memberikan petunjuk tentang langkah-langkah masa depan oleh bank sentral. Selain itu, Draghi dapat mengomentari keretakan antara pemerintah baru Italia dan UE.

Sorotan ekonomi AS minggu ini akan menjadi perkiraan pertama dari PDB kuartal ketiga yang akan keluar Jumat pagi. PDB terlihat naik 3,4% pada kuartal ketiga, secara tahunan.

Pasar luar utama hari ini menemukan indeks dolar AS lebih tinggi dan mencapai level tertinggi selama sembilan minggu semalam. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex November menguat dan diperdagangkan tepat di atas $ 67,00 per barel. Harga minyak jatuh ke level terendah selama dua bulan pada hari Selasa.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.