Harga Emas, Perak Meningkat karena Index Dollar AS Menurun

Harga emas dan perak naik tipis dan mendekati level tertinggi hariannya di awal perdagangan AS hari Rabu. Aksi jual (sell off) dalam indeks dolar AS hari ini bekerja dalam mendukung pasar logam mulia. Emas berjangka Desember bertahan hingga $3,40 per ounce pada $1,202.60. Perak Comex Desember terakhir naik $0,045 pada $14,22 per ounce.

Pasar saham dunia sebagian besar lebih rendah dalam semalam. Indeks saham AS juga mengarah ke pembukaan rendah ketika sesi pagi New York dimulai. Kekhawatiran perdagangan global dan hambatan potensial pada ekonomi utama dunia membebani ekuitas minggu ini. AS dan Kanada menemui jalan buntu dalam negosiasi perdagangan, sementara ada kekhawatiran bahwa AS akan membuat lebih banyak sanksi perdagangan terhadap China. Pasar saham Asia juga tertekan hari ini oleh data ekonomi lemah yang keluar dari China.

Pasar mata uang sekunder, termasuk peso Argentina dan lira Turki, tetap di bawah tekanan terhadap dolar AS. Masih ada kekhawatiran hal ini bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih serius yang berdampak pada sistem keuangan global.

Dalam berita semalam, indeks pembelian manajer gabungan zona euro (PMI) datang di angka 54,4 pada bulan Agustus versus 54,2 pada bulan Juli. Pembacaan Agustus tepat sesuai dengan ekspektasi pasar. Angka di atas 50,0 menunjukkan pertumbuhan di sektor ini.

Outside market utama hari ini menemukan indeks dolar AS lebih rendah setelah mempertahankan sedikit kenaikan semalam. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah karena koreksi korektif setelah mencapai level tertinggi selama 3,5 bulan pada hari Selasa. Juga, badai di Teluk Meksiko tidak mencapai status angin topan, karena beberapa orang pada awalnya mengira demikian.

Data ekonomi AS yang akan dirilis pada hari Rabu meliputi survei aplikasi hipotek MBA mingguan, laporan penjualan ritel Johnson Redbook dan Goldman Sachs, laporan perdagangan barang dan jasa internasional, dan laporan bisnis dari ISM New York.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.