Harga Emas, Perak Naik Di Tengah Goyahnya Pasar Saham AS

Harga emas dan perak sedikit lebih tinggi pada perdagangan sore di AS hari Kamis. Beberapa kekhawatiran tentang kesehatan pasar saham AS, menyusul aksi jual baru-baru ini dan peningkatan volatilitas, mendukung logam-logam safe-haven. Bullish logam mulia membuat pasar mereka terkesan dan dapat mengirim keuntungan sederhana hari ini di hadapan indeks dolar AS yang lebih kuat. Emas berjangka Desember terakhir naik hingga $ 2,70 per ons pada $ 1,212.80. Perak Comex Desember terakhir naik $ 0,125 pada $ 14,205 per ounce.

Perdana Menteri U.K. Theresa mengundurkan diri hari Kamis, termasuk sekretaris Brexit-nya, setelah pengumuman May hari Rabu bahwa dia bertahan dengan rencana Brexitnya yang kontroversial. Pound Inggris pada berita pengunduran diri, sementara imbal hasil obligasi Eropa naik. Sekarang ada pembicaraan May bisa melihat Parlemen pindah ke mosi tidak percaya. Emas mungkin memiliki minat beli safe-haven dari masalah ini. Namun, situasinya bukanlah faktor geopolitik yang serius untuk pasar dunia.

Indeks dolar AS hari ini lebih tinggi dan tidak jauh di bawah level tinggi selama 1,5 tahun minggu ini. Perekonomian AS yang kuat dibandingkan dengan ekonomi dunia lainnya, dan tingkat suku bunga di negara-negara tersebut yang melihat tingkat suku bunga AS lebih tinggi secara signifikan, adalah elemen dasar yang bullish yang kemungkinan akan terus memberikan dukungan kuat untuk greenback.

Pasar mencatat komentar Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell pada pidato Rabu malam bahwa Fed memantau dengan cermat perlambatan ekonomi dunia. Namun, Powell menyiratkan bahwa situasi saat ini tidak mengarah pada kebijakan moneter Bank Sentral AS yang terus berlangsung untuk memperlambat kenaikkan suku bunga AS. Powell menambahkan bahwa sell off pasar saham AS yang terus berlanjut dapat berdampak pada keputusan kebijakan Fed.

Penurunan besar harga minyak mentah selama enam minggu terakhir membuat pasar dunia sangat tidak nyaman. Harga minyak mentah Nymex futures hari ini menguat karena short covering dan diperdagangkan tepat di bawah $ 57,00, setelah jatuh ke level terendah selama 11 bulan pada $ 54,75 per barel pada hari Selasa. Dalam waktu kurang dari enam minggu, harga minyak mentah Nymex telah turun lebih dari $ 20 per barel. Penurunan tajam harga minyak adalah elemen bearish untuk sebagian besar sektor komoditas, termasuk logam mulia, karena minyak dapat dikatakan sebagai pemimpin sektor tersebut.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.