Harga Emas, Perak Naik Karena Permintaan Safe-Haven

Harga emas dan perak menguat pada perdagangan sore di AS pada hari Selasa, karena risk aversion yang lebih tinggi di pasar yang berasal dari Uni Eropa. Harga emas mencapai level tertinggi selama satu minggu, sementara perak membukukan level tertingginya selama empat minggu. Bullish Emas dan perak terutama didorong oleh kemampuan logam untuk rally hari ini dalam menghadapi indeks dolar AS yang lebih kuat yang mencapai level tertingginya selama enam minggu semalam. Emas berjangka Desember bertahan hingga $ 15,60 per ounce pada $ 1,207.30. Perak Comex Desember terakhir naik $ 0,208 pada $ 14,71 per ounce.

Perhatian dunia, terutama di Eropa, adalah pada rencana pemerintah Italia anti kemapanan yang baru untuk mengatasi masalah keuangan dan ekonomi Italia. Mata uang Euro merosot dan harga emas rally setelah seorang pejabat pemerintah mengatakan Italia akan lebih baik dengan mata uangnya sendiri. Uni Eropa harus menyetujui rencana anggaran Italia yang banyak orang katakan tidak akan diterima oleh Uni Eropa. Masalah ini tampaknya terus meningkat dan dapat terus menekan mata uang Euro dan memberikan lebih banyak dukungan ke pasar safe-haven emas dan perak.

Pasar saham dunia sebagian besar melemah dalam semalam karena risk aversion yang telah merayap kembali ke pasar. Namun, pasar saham AS rally hari ini karena para investor AS menganggap masalah Italia bukanlah masalah mereka — setidaknya belum. Pasar China ditutup sampai hari Jumat untuk hari libur umum.

Pasar luar utama lainnya hari ini menemukan harga minyak Nymex November sedikit turun setelah mencapai level tertingginya selama empat tahun dalam semalam. Harga Nymex diperdagangkan tepat di atas $ 75,00 per barel. Rally solid di pasar minyak mentah setidaknya membatasi beberapa tekanan jual di pasar logam mulia, bahkan jika tidak maka akan mendorong minat beli langsung.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.