Harga Emas Perak Naik Karena USDX yang Lebih Rendah, Nada Dovish Fed

Emas dan perak berjangka naik dan mendekati level tertinggi hariannya pada perdagangan Senin sore di AS, sebagian didukung oleh indeks dolar AS yang lebih lemah, dan juga sell off di pasar saham AS, dan retorika yang mendukung kebijakan moneter AS yang lebih dovish. Emas berjangka Februari terakhir naik $ 10.20 per ounce di $ 1,251.60. Perak Comex Maret naik $ 0,123 pada $ 14,76 per ounce.
Pasar emas dan perak terdorong ke level tertinggi harian mereka sebelum tengah hari, pada saat yang sama pedagang obligasi terkenal dan manajer dana Jeff Gundlach memperkirakan dolar AS akan berjuang di tahun baru mendatang, dan bahwa ekuitas AS akan memasuki pasar bearish. Itu adalah musik bagi telinga pedagang pasar logam yang bullish. Indeks saham kecil Russell 2000 telah memasuki wilayah pasar bearish – turun 20% dari level tertinggi.
Ada juga komentar dari para pedagang dan analis ternama dan terkenal, serta penasehat Presiden Trump, menyerukan agar The Fed mundur dari kenaikan suku bunga. Siapa yang mengira the Fed telah menaikkan suku bunga cukup jauh, setelah apa yang banyak orang percaya masih ada kenaikan suku bunga AS yang lain minggu ini. Retorika dovish ini adalah dolar AS-bearish dan pasar logam mulia yang bullish.
Minggu perdagangan yang penting memang terbentang di depan. Pertemuan kebijakan moneter Komite Pasar Terbuka Federal Reserve (FOMC) AS hari Selasa dan Rabu, sementara pemerintah AS dapat ditutup pada akhir minggu jika Kongres dan Presiden Trump tidak menyetujui rencana anggaran. Juga, pemerintah China mengadakan pertemuan ekonomi besar dan dapat mengumumkan inisiatif ekonomi baru yang besar untuk merangsang ekonomi terbesar kedua di dunia. Bank sentral China secara tak terduga meningkat dalam sistem keuangannya pada hari Senin.
Pasar luar utama hari ini adalah indeks dolar AS lebih rendah hanya karena koreksi pullback setelah mencapai level tertingginya hampir selama dua tahun pada hari Jumat. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah dan diperdagangkan sekitar $ 50,00 per barel.

Share
This entry was posted in Artikel emas. Bookmark the permalink.