Harga Emas, Perak Naik Seiring Dengan Turunnya Greenback

Harga emas dan perak sedikit lebih tinggi di perdagangan sore AS hari Selasa. Melemahnya indeks dolar AS dan harga minyak mentah dari level tertingginya selama empat bulan mendukung pasar logam mulia hari ini. Emas berjangka April bertahan hingga $ 4,80 per ons di $ 1,306.40. Perak Comex Mei bertahan hingga $ 0,038 pada $ 15,36 per ounce.

Harga paladium melonjak ke rekor tertinggi di atas $ 1.150 per ton untuk futures Juni hari ini, sebagian karena Rusia, produsen terbesar dunia, melarang ekspor memo dan tailing logam mulia dari Mei hingga November.

Pasar luar utama hari ini melihat indeks dolar AS melemah dan berada pada level terendah selama tiga minggu. Bullish greenback memudar baru-baru ini. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex sedikit turun di perdagangan tengah hari, tetapi mencapai level tertinggi selama empat bulan semalam.

Risk appetite di pasar dunia tetap tinggi, karena tidak ada masalah geopolitik besar yang menyentak pasar dunia. Elemen ini terus membatasi pasar safe haven emas dan perak.

Fokus pedagang dan investor adalah pada pertemuan FOMC Federal Reserve, yang dimulai Selasa pagi dan berakhir Rabu sore dengan pernyataan. FOMC diperkirakan tidak akan mengubah kebijakan moneternya pada pertemuan ini. The Fed menjadi lebih dovish dalam beberapa bulan terakhir. Seperti biasa, pasar akan mengumpulkan pernyataan FOMC dan kata-kata Ketua Fed Jerome Powell untuk petunjuk tentang jalur masa depan dan waktu perubahan kebijakan moneter.

Masalah Brexit yang belum terselesaikan terus mendidih di belakang pasar dunia. Perkembangan terakhir melihat blok Anggota Parlemen untuk memilih rencana yang diajukan oleh Perdana Menteri Theresa May. Semakin besar kemungkinan kepergian Inggris dari Uni Eropa akan menjadi urusan yang panjang dan berlarut-larut.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.