Harga Emas, Perak, Platinum, Paladium Dipukul Karena Dominasi Dolar AS

Harga emas, perak, platinum dan paladium lebih rendah pada hari Selasa karena dolar AS yang melonjak di pasar valuta asing. Emas menyentuh level terendahnya selama hampir 1,5 tahun, perak menyentuh level terendahnya selama dua tahun, platinum menyentuh level terendahnya selama 14 tahun dan paladium menyentuh level terendahnya selama 13 bulan. Indeks dolar AS mencapai level tertingginya selama 14 bulan hari ini di tengah kekhawatiran tentang krisis pasar mata uang global yang berkembang. Emas berjangka Desember terakhir turun $17,50 per ounce di $1,183.30. Perak Comex September terakhir turun $0,633 pada $14,42 per ounce.

Indeks saham AS juga melemah tajam hari ini, karena sedikitnya risk aversion di pasar.

Hubungan AS-Turki semakin memburuk karena Turki telah melanggar sanksi ekonomi terhadap AS. Sementara lira Turki stabil pada pertengahan pekan, mata uang sekunder lainnya masih sangat goyah dan pedagang/investor di seluruh dunia masih gelisah bahwa penularan mata uang sekunder bisa berkembang karena Dolar AS terus dihargai terhadap sebagian besar mata uang dunia. Bullish emas dan perak tetap terhalang logam safe-haven mereka tidak bisa mendapatkan tawaran karena sedikitnya risk aversion di pasar dunia saat ini. Namun, akan sulit bagi saya untuk memahami eskalasi signifikan dalam gejolak pasar mata uang yang tidak memiliki dampak bullish pada safe-haven emas dan perak.

Outside market utama lainnya hari ini menemukan harga minyak mentah Nymex turun tajam dan diperdagangkan tepat di bawah $64,00 per barel. Harga minyak menyentuh level terendahnya selama tujuh minggu hari ini, dan jika minyak terus meluncur maka akan menjadi elemen bearish yang serius bagi sektor komoditas mentah, termasuk logam.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.