Harga Emas, Perak Turun Dari Level Tertingginya Di Tengah Rally Dolar AS, Pasar Saham

Harga emas dan perak naik saat midday hari Kamis, tetapi turun dari level tertinggi harian mereka yang merupakan level tertinggi selama tiga minggu dalam perdagangan AS sebelumnya. Bullish logam mulia dipicu oleh sikap dovish mengejutkan yang diambil oleh Federal Reserve AS pada Rabu sore. Namun, kenaikan kuat di indeks saham AS dan indeks dolar AS hari ini membuat beberapa bullish di pasar emas dan perak. Emas berjangka April bertahan hingga $ 2,30 per ons pada $ 1,304.00. Perak Comex Mei bertahan hingga $ 0,077 pada $ 15,39 per ounce.

Pasar dunia pada hari Kamis masih mencerna kesimpulan pertemuan Federal Open Market Committee(FOMC) Rabu sore dan konferensi pers Ketua Fed Powell. The Fed mengejutkan dengan nada dovish pada kebijakan moneter AS. Berita The Fed awalnya menjatuhkan indeks dolar AS, menguatkan harga Treasury AS dan memberikan tekanan negatif pada AS dan pasar saham dunia. Namun, para pedagang pada hari Kamis memperhitungkan dolar AS dan pasar saham masih merupakan aset terkuat bahkan jika ekonomi AS sedikit melambat.

Harga paladium mencapai rekor tertinggi semalam dan diperdagangkan di atas $ 1.575,00 per ounce. Tidak ada petunjuk grafik awal bahwa pasar ini dekat dengan topping out.

Pasar dunia lagi-lagi mencoba mencari tahu apakah AS dan China sudah mendekati kesepakatan perdagangan yang substantif. Laporan awal minggu mengatakan AS dan China bergerak lebih dekat ke perjanjian perdagangan formal. Menteri Keuangan AS Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Lighthizer akan melakukan perjalanan ke China minggu depan untuk diskusi tingkat tinggi. Namun, pada hari Rabu Presiden Trump mengatakan tarif AS di China tidak akan segera dicabut meskipun kesepakatan perdagangan akan tercapai dengan segera.

Pasar luar utama lainnya hari ini melihat harga minyak mentah Nymex sedikit lebih rendah dan diperdagangkan sekitar $ 60,00 per barel. Harga minyak mencapai level tertinggi selama empat bulan semalam.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.