Harga Emas, Perak Turun Karena Profit Taking

Harga emas dan perak sedikit lebih rendah pada perdagangan sore AS hari Rabu dini hari. Beberapa tekanan profit taking dari pedagang berjangka jangka pendek terjadi hari ini. Indeks dolar AS yang lebih kuat juga sedikit negatif untuk logam mulia pada hari ini. Emas berjangka April terakhir turun $ 6,60 per ons pada $ 1,322.10. Perak Comex Mei terakhir turun $ 0,157 pada $ 15,67 per ounce.

Bullish pasar logam safe-haven sedang memantau perkembangan geopolitik yang juga menjadi perhatian pasar dunia. Sedang terjadi serangan militer antara India dan Pakistan selama dua hari terakhir ini. India mengebom apa yang dikatakannya sebagai kamp teroris di Pakistan, dan Pakistan kemudian membalas dengan menembak jatuh dua pesawat perang India, menurut sebuah laporan. Berita ini membuat pasar saham dan keuangan Asia gelisah. Setiap peningkatan yang terjadi pada situasi ini akan mendorong permintaan safe-haven untuk emas dan perak.

Meskipun terjadi gejolak India-Pakistan, pedagang umum dan sikap investor optimis, dibuktikan oleh indeks saham AS yang minggu ini mencapai level tertinggi selama tiga bulan. Kekhawatiran Brexit masih membuat pedagang Eropa sedikit khawatir, tetapi tampaknya Perdana Menteri Theresa May dan Parlemen telah sepakat untuk memperpanjang batas waktu Brexit melewati akhir Maret jika kesepakatan tentang UK keluar dari Uni Eropa tidak tercapai.

Tanda dari ekspektasi inflasi yang rendah di pasar dunia saat ini, pemerintah Jerman hari ini melelang obligasi 10-tahun (bunds) untuk hasil rata-rata hanya 0,12%. Itu level terendah dalam hampir 2,5 tahun. Inflasi yang sangat rendah adalah musuh kenaikan pasar komoditas mentah, termasuk logam mulia.

Pasar luar utama lainnya hari ini melihat harga minyak mentah Nymex lebih tinggi dan diperdagangkan di atas $ 57,00 per barel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.