Harga Emas Rally karena Meningkatnya Permintaan Safe Haven, Greenback Melemah

Harga emas menguat pada awal perdagangan AS hari Jumat, karena bounce dari tekanan jual yang kuat yang pada hari Kamis mendorong harga ke level terendah selama dua bulan. Beberapa permintaan safe haven ditampilkan pada akhir minggu ini, dan indeks dolar AS yang lebih lemah pada hari ini juga membuat logam mulia naik. Kontrak berjangka emas Comex April naik $17,50 per ounce di $1,322.60. Perak Comex terakhir naik $0.164 pada $16,44 per ounce.

Berita besar akhir pekan ini adalah pengumuman midday hari Kamis yang mengejutkan dari administrasi Trump bahwa AS akan menaikkan tarif sebesar 25% untuk impor baja dan 10% untuk impor aluminium. Berita ini telah membuat pasar menyimpulkan bahwa pergerakan Trump ini dapat memicu perang perdagangan di seluruh dunia. Uni Eropa telah mengatakan akan melakukan pembalasan. Pemimpin negara-negara di seluruh dunia mengeluarkan peringatan tentang pergerakan Trump pada tarif ini dan meminta presiden AS untuk mengubah pikirannya.

Sekarang muncul ketidakpastian di pasar karena kenaikan tarif Trump. Juga, ada laporan dari dalam Gedung Putih bahwa penasihat dekat Trump sedang bertengkar hebat sampai muncul kemungkinan bahwa beberapa orang akan segera berhenti dari pekerjaan mereka.

Semua hal di atas telah mendorong meningkatnya permintaan safe haven emas untuk mengakhiri minggu ini.

Mungkin juga ada beberapa permintaan safe haven untuk emas menjelang pemilihan Italia pada hari Minggu yang bisa terjadi apa yang disebut dengan “Euro Skeptics” yang mendapatkan keuntungan baik di kantor-kantor pemerintah.

Dalam berita semalam, indeks harga produsen zona Euro untuk Januari naik 0,4% dari Desember dan naik 1,5% dari tahun ke tahun. Angka tersebut sangat mendekati ekspektasi pasar.

Gubernur Bank of Japan, Kuroda mengejutkan pasar hari Jumat dengan mengatakan bahwa BOJ akan keluar dari pelonggaran kuantitatif kebijakan moneter yang kemungkinan terjadi pada 2019 nanti.

Kunci outside market pada hari Jumat pagi melihat indeks dolar AS lebih rendah karena pullback korektif setelah mencapai level tertinggi selama enam minggu pada hari Kamis. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex mendekati stabil dan diperdagangkan di bawah $61.00 per barel. Minyak turun pada minggu ini, di tengah meningkatnya produksi minyak AS dalam beberapa bulan terakhir.

Data ekonomi AS yang akan dirilis pada hari Jumat mencakup laporan ISM New York tentang bisnis dan survei sentimen konsumen University of Michigan.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.