Harga Emas Sedikit Naik Di Akhir Transaksi AS

Harga emas menahan kenaikan ringan di perdagangan AS awal sore hari Senin, dalam sesi yang lebih tenang, berombak dan dua sisi. Beberapa minat beli safe-haven terlihat ketika pasar saham dunia memulai minggu perdagangan dengan lebih rendah karena beberapa data ekonomi yang sangat lemah yang keluar dari China. Namun, indeks saham AS secara signifikan mengurangi kerugian semalam saat midday hari ini dan hanya sedikit turun, yang mendorong mundur pasar emas dari level tertinggi hariannya. Emas berjangka Februari bertahan hingga $ 2,30 per ons di $ 1.291,80. Perak Comex Maret bertahan hingga $ 0,019 pada $ 15,675 per ounce.

Pasar saham Eropa dan Asia juga melemah semalam, karena ada penghindaran risiko yang lebih tajam di pasar untuk memulai minggu perdagangan, menyusul berita ekonomi suram yang keluar dari China. Ekspor China pada bulan Desember turun 4,4%, dari tahun ke tahun. Ekspor naik 5,4% pada bulan November. Impor China turun 7,6% pada periode yang sama. Dalam beberapa bulan terakhir, baik impor dan ekspor mengalami kenaikan dua digit. Perang dagang dengan AS benar-benar telah melukai ekonomi China, demikian menurut angka impor dan ekspor terbaru. Hal yang kemungkinan akan menguntungkan AS adalah postur perdagangannya melawan China. Pekan lalu kedua belah pihak bertemu di Beijing dan dijadwalkan untuk bertemu berikutnya di AS.

Ada juga berita buruk ekonomi yang keluar dari Uni Eropa hari Senin. Output pabrik zona Euro turun 1,7% pada November dari Oktober, adalah penurunan bulanan terbesar dalam tiga tahun. Pembacaan turun 3,3%, dari tahun ke tahun, sebagai penurunan terbesar dalam enam tahun.

Brexit juga kembali ke benak para pedagang dan investor di Eropa. Para pemilih di UK pada hari Selasa kemungkinan akan menolak rencana Brexit terbaru dari Perdana Menteri May, menempatkan seluruh situasi Brexit ke dalam kekacauan yang serius. Itu mendorong sedikit permintaan safe-haven dari pedagang UK.

Shutdown partial pemerintah AS yang sekarang merupakan rekor terpanjang. Masalah ini bukan hambatan serius di pasar, tetapi banyak pasar tidak memiliki laporan ekonomi normal untuk mendorong aksi harga harian mereka, yang menyebabkan ketidakpastian dan beberapa kecemasan di tengah kelangkaan berita, yang umumnya bearish bagi pasar yang terkena dampak tersebut.

Pasar luar yang penting hari ini melihat indeks dolar AS sedikit lebih rendah. Indeks tetap dalam tren turun harga jangka pendek. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih rendah dan diperdagangkan di atas $ 51,00 per barel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.