Harga Emas Susut 1% Gara-gara Pernyataan Presiden Rusia

Liputan6.com, New York

Harga emas turun sekitar 1% setelah ada jaminan dari Presiden Rusia yang mengatakan kekuatan militer akan menjadi pilihan terakhir dalam krisis politik di Ukraina. Pernyataan ini mendorong investor mengambil keuntungan dari reli pada hari sebelumnya.

Melansir laman Reuters, Rabu (5/3/2014), harga emas di pasar Spot turun 0,9% menjadi US$ 1.337,86 per ounce, kerugian harian terburuk dalam lebih dari satu bulan sejak 30 Januari.

Harga emas berjangka AS COMEX untuk pengiriman April turun US$ 12,40 per ounce menjadi US$ 1.337,90 per ounce. Volume perdagangan sekitar 10% di bawah rata-rata 30 hari, menurut data awal Reuters.

Sebelumnya Logam kuning rally hampir 2% karena investor khawatir dengan ketegangan Timur-Barat, masuk ke dalam bullion dan utang pemerintah.

Harga emas sempat melonjak lebih dari 1% ke rekor tertinggi setelah Pemimpin Rusia Vladimir Putin memerintahkan tentaranya terlibat dalam latihan militer dekat perbatasan Ukraina kembali ke basis mereka saat ia berusaha untuk meredakan ketegangan.

Namun kemudian harga emas jatuh bersama utang Treasury AS berikut saat meningkatnya ketegangan militer antara Rusia dan Barat terkait Ukraina yang menghantam pasar keuangan Rusia.

Menurut analis, ketidakpastian ekonomi terkait dengan kekhawatiran atas Ukraina mendukung harga emas. “Ekuitas tampak sangat rentan untuk pullback. Semua membutuhkan isu seperti Ukraina yang akan menyebabkan kekhawatiran tentang ekonomi dunia, ” kata Tom Power, Broker Komoditas Senior yang berbasis di Chicago RJO Futures.

Di pasar ritel emas, pembelian bullion antara investor pribadi rebound pada bulan Februari setelah tiga bulan berturut-turut
turun , kata survei secara online logam mulia pasar BullionVault .

Di pasar fisik , Menteri Perdagangan India mengatakan, ia telah mengangkat isu pelonggaran pembatasan impor emas
impor, karena pembatasan mendorong penyelundupan dan mempengaruhi industri permata dan perhiasan.

(sumber:liputan6)

(DK)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.