Harga Emas Susut Dibayangi Penguatan Dolar AS

New York – Harga emas dunia jatuh seiring penguatan dolar AS yangmengimbangi ketidakpastian atas prospek pemilu baru di Yunani.

Harga spot emas turun 1,1 persen menjadi US$ 1.181,16 per ounce, menyusul kenaikan 1,8persen pada hari Jumat pekan lalu melansir laman Bloomberg.

Emas berjangka AS untuk pengiriman Desember turun $ 13,40 untuk menetap di US$1.181,90 per ounce.

Greenback pulih dari penurunan sebelumnya, dengan indeks dolar menguat terhadapsekeranjang mata uang utama.

Volume perdagangan menipis karena momen Natal dan liburan akhir tahun. Lantai perdagangan berjangka logam mulia dan basis produk CME Group ditutup pada 1 Januari.

Kini terfokus pada kondisi perdagangan yang tipis dan masalah bidang teknis untuk emasdan perak,” kata David Meger, Direktur Perdagangan Logam Vision Financial Markets diChicago.

Pemicu penurunan harga emas, adalah jatuhnya saham Eropa dan obligasi zona euro di tengah berita bahwa parlemen Yunani menolak calon presiden pemerintah, karena dinilai menjadi setting panggung untuk pemilihan pimpinan partai anti bailout Syriza akan memenangkan pemilu.

Kabar dari Athena meningkatkan risiko Grexit (exit euro Yunani) sekali lagi bukan iklimterbaik bagi Eropa untuk memulai tahun baru,” jelas Kepala Saxo Bank penelitian komoditasOle Hansen.

Permintaan untuk logam melemah di Asia, pasar utama untuk menangani emas fisik.Namun, impor emas China dari Hong Kong pada November naik ke level tertinggi sejak Februari, menunjukkan permintaan yang kuat di atas batangan konsumen dunia menjelangTahun Baru Imlek.

(sumber: Liputan6)

(tr)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.