Harga Emas Terangkat Dengan Naiknya Harga Minyak, Greenback Melemah

Harga emas diperdagangkan sedikit lebih tinggi di perdagangan sore AS hari Rabu dini hari. Logam mulia ini didukung oleh kekuatan pasar luar yang bullish yang mencakup indeks dolar AS yang lebih lemah dan harga minyak mentah yang lebih tinggi hari ini. Emas berjangka Juni bertahan naik $3,20 per ons pada $1,311.50. Perak Comex Mei terakhir turun $0,006 pada $15,205 per ounce.

Rilis sore dari risalah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) terakhir melihat mayoritas anggota FOMC meyakini bahwa suku bunga AS akan tetap pada tingkat saat ini di sisa tahun ini, karena diharapkan pertumbuhan ekonomi AS yang lebih lambat di bagian awal tahun ini. Para anggota juga menyebutkan ketidakpastian mengenai perdagangan dunia dan Brexit dapat menghambat prospek pertumbuhan ekonomi dunia. Anggota FOMC mengatakan inflasi tetap jinak dan tidak bermasalah. Pasar, termasuk emas dan perak, sedikit bereaksi terhadap laporan ini. Risalah FOMC yang lalu telah memicu volatilitas yang lebih tinggi di pasar, segera setelah rilis mereka.

Titik data utama AS lainnya hari ini melihat indeks harga konsumen untuk Maret naik 0,4% dari Februari dan naik 1,9%, tahun-ke-tahun. Laporan itu diharapkan akan naik 0,3% dari Februari dan naik 1,8%, tahun-ke-tahun. Pasar tidak menunjukkan reaksi besar terhadap berita tersebut.

Bank Sentral Eropa mengadakan pertemuan kebijakan moneter reguler hari Rabu dan membiarkan suku bunga dan kebijakan tidak berubah, seperti yang diharapkan. Pedagang akan memonitor dengan cermat pernyataan dari Presiden ECB Mario Draghi pada konferensi persnya.

Pedagang dan investor dalam saham dan indeks saham tidak terlalu optimis di pertengahan minggu, dan itu sedikit menguntungkan logam safe-haven. Presiden Trump pada hari Senin mengancam Uni Eropa dengan tarif $11 miliar pada impor UE untuk beberapa produk ke AS. Sementara itu, AS masih berjuang terhadap perang perdagangan dengan China, dan peningkatan ketegangan perdagangan dengan Uni Eropa akan berarti tiga terbesar di dunia ekonomi saling memberi sanksi.

Dana Moneter Internasional pada Selasa memperkirakan perlambatan pertumbuhan global, di 3,3% pada 2019 dibandingkan perkiraan terakhir pertumbuhan 3,5%, terutama karena AS melawan ekonomi lain atas masalah perdagangan.

Brexit; para pejabat Uni Eropa akan bertemu hari ini untuk membahas perpanjangan waktu bagi UK untuk meninggalkan blok. Jika tidak ada perpanjangan yang diberikan oleh UE, maka hari Jumat ini Inggris akan melihat “hard exit,” yang dapat mengacaukan pasar saham dan keuangan Eropa.

Pasar luar utama hari ini menemukan indeks dolar AS melemah karena harga minggu ini melihat koreksi korektif dari kenaikan baru-baru ini. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex lebih tinggi, dekat dengan level tertinggi selama lima bulanpada hari Selasa dan diperdagangkan sekitar $64,50 per barrel.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*