Harga Emas Terangkat Oleh Kekhawatiran Geopolitik

Harga emas diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada perdagangan AS sore hari Kamis. Hari ini, sejumlah kekhawatiran di front geopolitik naik ke permukaan untuk memberikan tekanan kuat pada pasar saham AS dan menghasilkan beberapa permintaan safe haven untuk emas, yang mulai muncul di aksi pagi hari. Emas berjangka Desember bertahan hingga $ 3,00 per ounce pada $ 1,230.50. Perak Comex Desember terakhir turun $ 0,043 pada $ 14,62 per ounce.

Arab Saudi, hubungan AS-China, Uni Eropa, dan meningkatnya imbal hasil obligasi menakuti pasar saat ini.

Pedagang dan investor sedang menunggu hasil penyelidikan Turki terhadap hilangnya seorang wartawan Saudi. Orang-orang Turki mengatakan jurnalis itu dibunuh dan Saudi membantah mengetahui apa pun tentang hal itu. Masalah ini kemungkinan akan menjadi masalah penting dalam beberapa hari ke depan, dengan Presiden Trump mengatakan hasil penyelidikan kemungkinan belum akan terlihat minggu ini. Jika Saudi terlibat, percabangan untuk pasar dunia akan menjadi signifikan. Beberapa laporan pers mengatakan Saudi membunuh wartawan itu. Baru hari ini, Sekretaris AS Mnuchin baru saja keluar dari konferensi bisnis di Arab Saudi, mengikuti jejak beberapa eksekutif bisnis AS.

Ada juga kekhawatiran baru tentang kelangsungan hidup Uni Eropa karena Italia membuat gelombang tentang rencananya yang sejalan dengan peraturan hukum Uni Eropa.

Hasil obligasi Treasury AS meningkat lagi setelah notulen FOMC dirilis pada Rabu sore yang dianggap sedikit hawkish pada kebijakan moneter AS.

Dan mantan pejabat Federal Reserve AS, Stanley Fisher, hari ini memperingatkan tentang dampak ekonomi negatif dari perang dagang yang berlarut-larut antara AS dan China.

Pasar luar utama hari ini menemukan indeks dolar AS lebih tinggi karena pembelian safe haven dan merosotnya mata uang Euro. Sementara itu, harga minyak mentah Nymex November lebih rendah, mencapai level terendah selama empat minggu dan diperdagangkan tepat di atas $ 69,00 per barel. Minyak mentah brent sekarang turun di bawah level $ 80,00 per barel. Meningkatnya cadangan minyak AS minggu ini adalah bearish untuk pasar minyak.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.