Harga Emas Terpuruk di Akhir Pekan – liputan6.com

Liputan6.com, Chicago Harga emas di divisi COMEX New York Mercantile Exchange jatuh pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi) karena melemahnya data ekonomi Amerika Serikat (AS).

Seperti dikutip Xinhua, Sabtu (1/3/30214), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April turun 10,2% atau 0,77% menjadi US$ 1.321,6 per ounce.

Dalam sepekan emas telah mencatatkan penurunan sebesar 0,2%. Ini merupakan pekan pertama penurunan emas dalam empat minggu terakhir. Meski demikian, selama Februari emas telah mengalami kenaikan harga sebesar 6,6%.

University of Michigan and Thomson Reuters melaporkan indeks sentimen konsumen berada di level 81,6 pada Februari naik dari 81,2 poin pada akhir Januari. Terlebih lagi, Purchasing Managers’ Index (PMI) Chicago naik dari 59,8 poin pada Februari dari 59,6 poin pada Januari, melampaui prediksi pasar di level 56 poin.

Departemen Perdagangan AS telah merivisi angka pertumbuhan produk domestik brutonya pada kuartal IV-2013 menjadi 2,4% dari 3,2%. Meski demikian, angka yang telah direvisi itu masih sesuai dengan prediksi para ekonom dan tidak berdampak banyak pada emas.

Sementara itu, kenaikan dolar AS terhadap yuan China juga dapat menurunkan harga emas. Itu lantaran lemahnya nilai tukar yuan dapat membuat harga emas di China semakin melambung. (liputan6.com)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.