Harga Emas Terus Meroket akibat Isu Shutdown

JAKARTA – Harga emas kembali mengalami kenaikan setelah mengalami peningkatan sebesar 1 persen pada sesi sebelumnya. Hal ini muncul sebagai imbas dari shutdown pemerintah AS yang telah memasuki minggu kedua.

Saat ini pun, pemerintah kembali melakukan negoisasi dengan kongres untuk menaikkan plafon utang nasional dan mengirim dolar mendekati posisi terendah selama delapan bulan terakhir.

Seperti yang dilansir Reuters, Selasa (8/10/13), harga emas di pasar spot naik 0,2 persen menjadi USD1.323,34 per ons setelah sebelumnya naik 0,8 persen pada sesi sebelumnya.

Sementara itu, platinum sendiri melonjak untuk hari ketiga di tengah kekhawatiran serangan ranjau tengah berlangsung di Afrika Selatan bisa menghambat pasokan.

Di sisi lain, secercah harapan muncul dalam kebuntuan anggaran AS. Senin lalu, Presiden Barack Obama mengatakan ia akan menerima peningkatan pinjaman jangka pendek dalam otoritas bangsa untuk menghindari default.

Saat ni, AS sendiri memiliki batas waktu hingga 17 Oktober untuk menaikkan pinjaman sebesar USD16,7 triliun. Kegagalan untuk mencapai kesepakatan akan mendorongnya menuju standar belum pernah terjadi sebelumnya dan mengacaukan dunia pasar. (Okezone.com)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.