Harga Emas Toreh Rekor Tertinggi dalam 6 Bulan

Liputan6.com, Chicago Emas berjangka naik di divisi COMEX New York Mercantile Exchange dalam empat sesi berturut-turut ke level tertinggi selama enam bulan.

Seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (14/3/2014), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik US$ 1,9 atau 0,14% menjadi US$ 1.372.4 dolar per ounce .

Data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang baru saja dirilis mendukung emas . Klaim pengangguran mingguan AS turun ke level terendah tiga bulan menjadi 315 ribu dan penjualan ritel AS naik 0,3% pada Februari , kenaikan pertama dalam tiga bulan .

Data ekonomi AS yang positif , namun meningkatnya tegangan di Ukraina dan data ekonomi suram dari China juga mempengaruhi harga emas. Analis pasar meyakini konflik Ukraina adalah faktor utama yang bisa mencegah harga emas kembali jatuh saat ini.

Produksi industri China sepanjang Januari-Februari naik 8,6% (year on year), angka ini lebih rendah dari harapan pasar sebesar 9,5%.  Analis khawatir perlambatan ekonomi di China dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global.

Beberapa analis pasar emas percaya harga emas bisa mempertahankan penguatannya dengan dukungan situasi politik.  Sementara yang lain bersikeras emas tidak mungkin untuk naik lebih lanjut.

Berbeda dengan emas, harga perak untuk pengiriman Mei justru turun US$ 16 sen atau 0,75% menjadi US$ 21,198 per ounce. Sedangkan platinum untuk pengiriman April naik US$ 3,1 atau 0,21%, menjadi US$ 1.479,4 per ounce. (Liputan6) (Dn)

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.