Harga Emas Turun Namun Keputusan Fed Tidak Berpengaruh

Pasar emas bertahan di dekat posisi terendah tetapi tidak terlihat tekanan jual baru karena Federal Reserve menetapkan suku bunga untuk tidak berubah sambil menjaga nada optimis ekonomi AS dan kenaikan suku bunga di masa depan.

Dalam langkah yang sangat diantisipasi, Federal Reserve meninggalkan tingkat Fed Funds dalam kisaran antara 1,75% dan 2%. Pada ekonomi, bank sentral mengatakan bahwa aktivitas “telah meningkat pada tingkat yang kuat.”

“Resiko terhadap prospek ekonomi tampak kurang seimbang,” kata pernyataan itu.

Harga emas berada di bawah tekanan menjelang keputusan dan relatif tidak berubah dalam reaksi awal. Emas berjangka Desember diperdagangkan pada $1,227.60 per ounce, turun 0,47% pada hari itu.

Di sisi inflasi, bank sentral mengatakan bahwa mereka terus mengharapkan inflasi mencapai 2% berkelanjutan dalam jangka menengah. Para ekonom telah mencatat bahwa tidak banyak yang bisa dikuasai pasar dalam pernyataan itu.

Saat ini pasar menetapkan harga di lebih dari 90% kemungkinan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan September.

Avery Shenfeld, ekonom senior di CIBC Markets mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dipikirkan oleh pasar dan merekomendasikan bahwa pedagang bisa meneruskan hari mereka seperti biasa.

“Tidak ada yang mengharapkan the Fed untuk menaikkan suku bunga hari ini, dan tidak ada yang mengharapkan komite untuk mundur dari rencananya untuk kenaikan yang lebih lanjut di depan. Dan ini benar, karena bank sentral mengikuti naskah yang diharapkan,” katanya. “Atau bisa dibilang, naskah terakhir, karena kata-kata dari pernyataan itu hampir identik dengan yang sebelumnya.”

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.