Harus Membeli Emas Atau Bitcoin?

Maret tahun ini menandai tahun kedelapan kenaikan pasar sejak krisis keuangan tahun 2008 lalu, namun sentimen pasar perlahan mulai memburuk. Karena janji presiden baru Donald Trump mulai memudar, sehingga optimisme investor, yang terus mendorong rasio antara harga dan pendapatan lebih tinggi, sekarang takut ditinggalkan dan menurun. Baru minggu ini, Dow Jones Industrial Average turun lebih dari 400 poin dan tidak menunjukkan tanda-tanda kenaikan. Apa yang harus dilakukan investor cerdas?

Langkah tradisionalnya adalah dengan melakukan perlindungan nilai terhadap volatilitas saham dengan memiliki emas. Ini telah terbukti sebagai metode yang efektif di masa lalu, namun alternatif yang baru menantang safe haven tradisional. Bitcoin adalah aset baru yang mencolok dengan semua properti mata uang, namun dilengkapi dengan beberapa fitur unik yang membuat bitcoin menjadi haven yang layak dimiliki. Pembeda ini, bersama dengan dukungan vokal dan yang setia, telah membuat Bitcoin menjadi sarana alternatif untuk mengurangi eksposur terhadap persediaan dengan aman.

Dapatkan Emas

Ada beberapa faktor yang membuat emas menjadi aset safe haven yang kuat. Emas sangat berharga sebagai bahan barang konsumsi seperti perhiasan dan barang elektronik, dan emas ini langka. Terlepas dari permintaan, pasokan emas tetap rendah dengan tidak proporsional. Emas tidak bisa diproduksi seperti jika suatu perusahaan menerbitkan saham baru, atau bank federal yang mencetak uang. Emas harus digali dari tanah dan diolah untuk bisa digunakan.

bitcoin 6

Dengan demikian, emas hampir tidak memiliki korelasi/hubungan dengan aset lain seperti mata uang, dan indeks saham seperti S&P500. Dahulu logam mulia sangat terikat dengan dolar sampai 1971 ketika Presiden Nixon memutuskan hubungan antara mata uang AS dan emas sebagai dasar. Sejak saat itu, mereka yang tidak ingin bermain di pasar saham sepenuhnya telah berinvestasi di emas. Logam mulia membantu men-stabilkan atau bahkan mencetak keuntungan saat ada koreksi di pasar saham, yang didefinisikan sebagai penurunan 10% atau lebih. Emas adalah aset yang bagus untuk dimiliki pada saat terjadi penurunan di pasar.

Emas biasanya berkinerja baik selama terjadi koreksi karena meskipun emas tidak terus meningkat, emas adalah aset yang akan tetap statis saat aset yang lain mengalami penurunan yang cukup berguna sebagai pelindung nilai. Ditambah lagi, karena semakin banyak orang yang melarikan diri dari saham dan berinvestasi di emas, harganya pun semakin naik.

Munculnya Bitcoin

BitcoinBitcoin adalah cryptocurrency yang berbasis blockchain, yang berbagi beberapa properti dengan emas sebagai mitranya. Sebenarnya, banyak yang menyebut Bitcoin sebagai “emas digital” di masa lalu karena hubungannya yang lemah dengan semua aset lainnya – terutama saham. Pelaku pasar mungkin ingat pada tahun lalu ketika harga satu Bitcoin melampaui satu troy ounce emas untuk pertama kalinya. Saat ini, harga Bitcoin mendekati $4.000, tapi bagaimana bisa Bitcoin menjadi begitu berharga? Lebih penting lagi, haruskah mereka yang melarikan diri dari saham mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam cryptocurrency?

Seperti emas, hanya ada sedikit Bitcoin yang tersedia. Bitcoin harus ditambang, meski tidak dengan mesin pengeboran. Sebaliknya, mata uang digital ditambang dengan menggunakan kekuatan komputer secara total dari jaringan pengguna yang luas, yang memproses transaksi pada blockchain untuk sejumlah kecil Bitcoin. Dengan perkiraan terdapat 21 juta Bitcoin, permintaan untuk Bitcoin memiliki efek yang besar terhadap harga cryptocurrency.

Membandingkan Emas dan Bitcoin

bitcoin 5

Selama ratusan tahun, emas telah mendominasi arena aset safe haven, dan belum diketahui apakah Bitcoin bisa mengancam kedudukan emas sebagai aset safe haven ini. Ada beberapa perbedaan kecil namun merupakan perbedaan yang signifikan antara Bitcoin dan Gold di tahun 2017:

Transparansi, Keamanan, dan Legalitas

Emas menetapkan beberapa sistem yang digunakan, yaitu sistem untuk perdagangan, penimbangan dan pelacakan murni. Sangat sulit mencuri emas, meloloskan emas palsu, atau bahkan merusak logam. Bitcoin juga sulit untuk dirusak, berkat sistem terenkripsi dan algoritma yang rumit, namun infrastruktur untuk memastikan keamanan Bitcoin masih belum tersedia. Bencana Mt. Gox adalah contoh yang bagus mengapa para pedagang Bitcoin harus waspada. Dalam peristiwa yang mengganggu ini, pertukaran populer berlangsung secara offline termasuk semua aktifitasnya, kecuali mencuri Bitcoin milik penggunanya, dengan total sekitar $460 juta. Secara hukum, ada sedikit konsekuensi untuk perilaku seperti itu, karena Bitcoin masih tetap sulit untuk dilacak dengan tingkat efisiensi apapun.

Kelangkaan

Emas masih bisa terus didapatkan dengan cara ditambang, tapi akhirnya tidak akan ada lagi Bitcoin. Algoritma yang mengelola blockchain memberikan para penambang Bitcoin sebuah verifikasi dan memproses transaksi, namun hanya dalam 10 tahun, pasokan Bitcoin akan habis. Tingkat kelangkaan yang lebih tinggi ini berarti bahwa Bitcoin bisa memiliki plafon harga yang lebih tinggi daripada emas dan merupakan katalisator terpenting untuk gelembung spekulatif saat ini.

Nilai Dasar

Emas secara fisik berguna untuk perhiasan dan industri. Namun, pengaplikasian Bitcoin masih belum jelas. Sejauh ini, Bitcoin adalah instrumen digital yang terbentuk dari spekulasi dan transferabilitas nilai. Namun, Bitcoin sangat sulit untuk dibelanjakan dan memiliki kegunaan/fungsi yang terbatas sebagai mata uang. Menjadi mata uang yang berbasis keyakinan eksklusif merupakan harga yang positif bila ada support yang populer, namun sebaliknya mungkin juga benar adanya. Tidak banyak yang bisa menghentikan Bitcoin dari menyentuh $0 selain kepercayaan. Seperti yang telah dilihat oleh dunia selama Dutch Tulip Mania, hal ini bisa berakibat buruk.

Volatilitas

Sebagian besar karena sifat tersebut di atas, Bitcoin lebih volatile dibandingkan dengan emas. Seiring kenaikan harganya, pendapat orang tentang mata uang revolusioner menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Keyakinan yang baru ditemukan ini akan menyebabkan harga menjadi tak terkendali. “Ada hari dimana pasar menjadi sangat fluktuatif ketika Bitcoin menyentuh dan melewati level $2000,” kata Yoni Berger, analis untuk CryptoPotato, sebuah situs berita yang didedikasikan untuk mengeksplorasi isu-isu terkini mengenai Bitcoin dan alternatif cryptocurrencies lainnya.

Likuiditas

Jauh lebih mudah untuk mendapatkan uang tunai/cash untuk emas daripada mendapatkan uang tunai untuk Bitcoin. Dalam pertukaran dengan jumlah yang terbatas yang memungkinkan untuk persetujuan penarikan uang, semuanya memberlakukan batas harian, yang berarti bahwa Bitcoin tidak sekuat yang dikira. Orang-orang di seluruh dunia yang mendukung emas bersedia untuk membayarnya, sementara pasar Bitcoin sangat terbatas.

Bagaimana Menyeimbangkan Portofolio Anda?

bitcoin 4

Dalam menghadapi penurunan pasar saham, yang mana yang lebih baik untuk portofolio seseorang: Bitcoin atau emas? Emas masih menjadi pemenang meski hal ini bisa segera berubah. Emas selalu merupakan tambahan yang cerdas untuk setiap portofolio karena nilai emas yang sebenarnya dan emas sangat bisa diandalkan sejak jaman dahulu. Namun, Bitcoin mulai menjadi pilihan yang berharga juga. Investor modern adalah investor yang pintar jika mereka bisa menyimpan sejumlah kecil emas dan Bitcoin di akun mereka. Namun, juga harus waspada terhadap investasi yang berlebihan dalam mata uang dengan masa depan yang buram. Jika Bitcoin bisa membuktikan nilainya, bagaimanapun, emas mungkin akan memiliki pesaing nyata sebagai aset safe haven pilihan.

(zou)


Share
This entry was posted in Arikel emas. Bookmark the permalink.