Hubungan Baru Antara Bitcoin dan Emas

Tahap awal hubungan baru antara bitcoin dan emas telah ditemukan oleh RBC Capital Markets.

Korelasi tersebut digambarkan sebagai “marginal [ly] negative – negatif marjinal oleh Christopher Louney, strategist komoditas di RBC Capital Markets.

“Ketika kami melihat ketertarikan pada bitcoin memuncak [pada bulan Desember], seperti yang diukur oleh Google Trends, saat itulah kami menyadari bahwa hubungan negatif marjinal antara emas dan bitcoin ini berkembang,” katanya kepada Futures Now CNBC pada hari Selasa.

Louney menyadari kesulitan untuk membuat koneksi, mengingat bagaimana bitcoin baru dibandingkan dengan emas.

“Ketika kita memeriksa bagaimana pasar melihat bitcoin dan emas, kita melihat banyak gagasan yang terbentuk sebelumnya yang mendorong teori seputar hubungan di antara keduanya. Apa yang kami lakukan adalah mengumpulkan data-data yang kami miliki dan membandingkannya dengan emas,” katanya. “Sangat sulit untuk mengumpulkan korelasi antara harga bitcoin dan harga emas.”

Korelasi antara keduanya terungkap dengan sendirinya pada akhir 2017, Louney menambahkan.

“Pandangan kami adalah bahwa saat ini ada hubungan negatif marjinal, tapi ada banyak hal menarik yang terjadi pada saat bersamaan.”

Louney juga membahas perilaku emas pada saat koreksi ekuitas yang terjadi baru-baru ini.

“Emas belum tampil dengan mengesankan. Jika Anda mengatakan kepada saya dua minggu yang lalu bahwa akan terjadi koreksi dalam ekuitas, saya mungkin akan mendorong harga emas yang lebih tinggi. Namun, apa yang telah kita lihat sejauh ini cukup mengecewakan dari sudut pandang harga emas,” katanya.

RBC telah meramalkan konsolidasi harga emas, yang Louney katakan adalah yang kita saksikan sekarang.

“Sedikit mengejutkan bahwa hal itu terjadi pada saat bersamaan dengan ekuitas yang telah jatuh. Tapi, Anda harus ingat bahwa dolar menguat dan tingkat suku bunga lebih tinggi, dan itu adalah bagian dari perangsang makro jangka panjang untuk emas,” kata ahli strategi komoditas.

Louney menambahkan bahwa rata-rata harga emas RBC pada 2018 saat ini berada di $1.303, namun mencatat bahwa logam kuning ini dapat melihat support signifikan berasal dari koreksi ekuitas yang berkelanjutan.

“Resiko sebenarnya adalah jika kita melihat ekuitas memburuk lebih jauh dan berkelanjutan, kita mungkin akan mengalami kenaikan emas dan saat itulah kita harus memikirkan kembali pandangan kita,” katanya.

Harga emas diperdagangkan datar pada jam pembukaan sesi Asia pada hari Kamis, dengan spot emas di Kitco bertahan di $1,318.20, naik 0,02% pada hari ini.

Share
This entry was posted in Artikel emas. Bookmark the permalink.