Inilah Penyebab Utama Kenapa Harga Emas Dunia Turun Drastis Di Tahun Ini !

Smeaker.com – Harga emas dunia untuk saat ini merupakan harga emas dunia paling rendah dan belum pernah mengalami depresiasi sejak Februari 2010 lalu, yang ketika itu harga emas dunia diperdagangkan pada posisi harga 1.045 dollar AS per ounce.

Harga emas dunia diperdagangkan pada harga 1.051,60 dollar AS per ounce pada perdagangan Jumat (27/11) lalu.

George Gero dari RBC Wealth Management menjeaskan mengapa harga emas bisa begitu anjlok hingga dasar terendah sejak enam bulan lalu.

Penyebab dari anjloknya harga emas ada tiga, tiga peristiwa ini sangat mempengaruhi harga emas dan menjadi penyebab utama dari merosotnya harga emas hingga dasar.

Gero menjelaskan, pertama ialah perekonomian China dan menurunya kinerja pasar saham. Pasar saham utama China ditutup merah pada perdaganan Jumat setelah pemerintah menindak keras salah satu broker saham terbesar.

Dengan bergejolaknya ekonomi engrara itu, maka Elite China akan cenderung memilih tidak membelanjakan banyak uang pada emas.

Selanjutnya ialah dollar AS. Gelombang dollar AS untuk saat ini menjadi pengaruh besar bagi harga emas, begitu banyaknya perdagangan emas dunia menggunakan mata uang dollar maka dengan dollar AS yang berada dititik lebih tinggi dari mata uang lain membuat para investor menurunkan harga emas.

Ketiga, rencana bank sentral AS atau Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan atau Fed Fund Rate pada bulanDesember.

Jika saja memang The Fed menaikkan suku bunga, maka ini merupakan dampak buruk dari harga emas dikarenakan emas tak membayar bunga apapun. Berarti ini memaksa kemungkinan envestor akan berpaling dari emas dan lebih memilih aset-aset lainnya dengan bunga tinggi.

Namun ditengah begitu anjloknya harga emas yang merupakan titik terendahnya, ada kabar yang cukup memberikan dorongan bagi harga emas.

Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Senin (30/11/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB).

Para analis menyebut, emas sudah mencapai level support, sehingga berbalik naik atau rebound. Namun meskipun demikian, harga emas dikatakan masih  bisa melorot lagi ke tingkat terendah sebelumnya seiring dengan naikknya bunga suku The Fed. (smeaker.com)(dk)

 

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.