Jangan Dekati Bitcoin – Pimpinan Alibaba

Miliarder pendiri dan pimpinan Alibaba, Jack Ma mengatakan bahwa dia telah merangkul teknologi blockchain dan semua kemajuan yang ditawarkan, tetapi memperingatkan agar tidak terlibat dengan bitcoin, yang “mungkin” dalam bubble.

“Teknologi Blockchain dapat mengubah dunia kita lebih dari yang dibayangkan orang,” kata Ma pada hari Senin. “Namun Bitcoin bisa jadi adalah bubble.”

Komentar Ma datang ketika ia mengumumkan bahwa raksasa e-commerce afiliasi Alibaba, Ant Financial telah meluncurkan transfer uang real-time berbasis blockchain antara Hong Kong dan Filipina. Ini adalah upaya pertama perusahaan di dompet digital. Inisiatif ini dilakukan dengan kemitraan dengan GCash yang berbasis di Filipina.

Chairman Alibaba berbicara untuk mendukung blockchain, yang mana merupakan dasar dari bitcoin, tetapi mencatat bahwa mata uang digital itu sendiri dapat didorong oleh murni spekulasi saja.

“Tidak benar untuk menjadi kaya dalam semalam dengan bertaruh pada blockchain,” kata Wall Street Journal mengutip Ma yang mengatakan kepada wartawan. “Teknologi itu sendiri bukanlah bubble, tapi sepertinya bitcoin adalah bubble.”

 

Bitcoin mengalami perjalanan yang kacau sejauh ini, melonjak lebih dari 1.300% menjadi hampir $20.000 pada tahun 2017 dan kemudian kehilangan lebih dari setengah nilainya hanya dalam beberapa bulan. Bitcoin terakhir terlihat diperdagangkan pada $6,264.10, naik 1,89% pada hari itu, menurut bagan agregat Kitco.

Ma menyoroti bahwa potensi teknologi blockchain bitcoin harus dipisahkan dari cryptocurrency.

“[Blockchain] harus digunakan untuk memecahkan masalah privasi, keamanan dan keberlanjutan data,” katanya, menambahkan bahwa bitcoin telah mengubah teknologi menjadi “alat dan konsep untuk menghasilkan uang.”

Aspek yang paling didambakan dari teknologi blockchain adalah buku besar publik tidak dapat diubah atau diretas.

Share
This entry was posted in Berita Emas. Bookmark the permalink.